Azza Kadarwati, N (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN TEMA MEKANISME PENDENGARAN DI SMP N 2 PIYUNGAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
COVER-08312244029.pdf Download (944kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 - 08312244029.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 - 08312244029.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 - 08312244029.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 1.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 2.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 3.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 4.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 5.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 6.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 7.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 8.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 9.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 10.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 11.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 12.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 13.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 14.pdf Download (933kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 15.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 16.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 17.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Image
Bapeda.jpg Download (1MB) | Preview |
|
|
Image
Izin Penelitian.jpg Download (1MB) | Preview |
|
|
Image
Sekertariat daerah.jpg Download (1MB) | Preview |
|
|
Image
SK Pembimbing.jpg Download (1MB) | Preview |
|
|
Image
SK Penguji.jpg Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama peserta didik belajar IPA dengan penerapan pembelajaran kooperatif teknik make a match. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E SMP N 2 Piyungan dengan jumlah 30 peserta didik. Setiap siklus penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam II siklus. Data yang diperoleh untuk melihat kemampuan kerjasama peserta didik melalui observasi, pengisian lembar penilaian antar teman, dan pendokumentasian. Analisis data yang digunakan adalah analisis data lembar observasi dan penilaian antar teman. Keberhasilan tindakan dapat diukur dari total skor lembar observasi kerjasama. Data yang telah diperoleh kemudian dihitung dan dipersentase. Analisis data penilaian antar teman dilakukan dengan cara menjumlahkan skor keseluruhan yang diperoleh setiap siswa pada setiap pernyataan dan mencari persentasenya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif teknik make a match dapat meningkatkan kemampuan kerjasama peserta didik kelas VIII E SMP N 2 Piyungan. Penilaian kemampuan kerjasama dengan penilaian antar teman dalam belajar IPA antar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu siklus I ketercapaian tingkat kerjasama peserta didik persentase terbesarnya berada dalam kategori sedang berjumlah 18 peserta didik mencapai 60% dan peserta didik yang mencapai katagori rendah berjumlah 12 peserta didik yaitu sebesar 40%. Kriteria keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan sebelumnya yakni 75% dari jumlah peserta didik adalah 22 peserta didik dan 75% kemampuan kerjasama yang berada dalam katagori tinggi belum dapat tercapai dalam siklus ini. Pada siklus II kemampuan kerjasama peserta didik mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus I. Pada siklus II persentase terbesar berada pada katagori tinggi mencapai 23 peserta didik (77%). Peserta didik yang berkatagori sedang sebanyak 7 peserta didik sebesar (23%), sedangkan tidak terdapat peserta didik yang berkatagori rendah. Berdasarkan hasil dari penilaian antar teman siklus I sebesar 73%, sedangkan siklus II sebesar 93% sehingga sudah mencapai kriteria keberhasilan. Jadi hasil lembar penilaian antar teman dengan hasil lembar observasi saling mendukung. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, teknik make a match, meningkatkan kemampuan kerjasama antar peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kooperatif, teknik make a match, meningkatkan kemampuan kerjasama antar peserta didik. |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 18 Dec 2012 01:50 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9162 |
Actions (login required)
View Item |