UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN TEMA MEKANISME PENDENGARAN DI SMP N 2 PIYUNGAN

Azza Kadarwati, N (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN TEMA MEKANISME PENDENGARAN DI SMP N 2 PIYUNGAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER-08312244029.pdf

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08312244029.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08312244029.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08312244029.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 1.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 2.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 3.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 4.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 5.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 6.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 7.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 8.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 9.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 10.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 11.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 12.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 13.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 14.pdf

Download (933kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 15.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 16.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 17.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Bapeda.jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Image
Izin Penelitian.jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Image
Sekertariat daerah.jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Image
SK Pembimbing.jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Image
SK Penguji.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama peserta didik belajar IPA dengan penerapan pembelajaran kooperatif teknik make a match. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E SMP N 2 Piyungan dengan jumlah 30 peserta didik. Setiap siklus penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam II siklus. Data yang diperoleh untuk melihat kemampuan kerjasama peserta didik melalui observasi, pengisian lembar penilaian antar teman, dan pendokumentasian. Analisis data yang digunakan adalah analisis data lembar observasi dan penilaian antar teman. Keberhasilan tindakan dapat diukur dari total skor lembar observasi kerjasama. Data yang telah diperoleh kemudian dihitung dan dipersentase. Analisis data penilaian antar teman dilakukan dengan cara menjumlahkan skor keseluruhan yang diperoleh setiap siswa pada setiap pernyataan dan mencari persentasenya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif teknik make a match dapat meningkatkan kemampuan kerjasama peserta didik kelas VIII E SMP N 2 Piyungan. Penilaian kemampuan kerjasama dengan penilaian antar teman dalam belajar IPA antar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu siklus I ketercapaian tingkat kerjasama peserta didik persentase terbesarnya berada dalam kategori sedang berjumlah 18 peserta didik mencapai 60% dan peserta didik yang mencapai katagori rendah berjumlah 12 peserta didik yaitu sebesar 40%. Kriteria keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan sebelumnya yakni 75% dari jumlah peserta didik adalah 22 peserta didik dan 75% kemampuan kerjasama yang berada dalam katagori tinggi belum dapat tercapai dalam siklus ini. Pada siklus II kemampuan kerjasama peserta didik mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus I. Pada siklus II persentase terbesar berada pada katagori tinggi mencapai 23 peserta didik (77%). Peserta didik yang berkatagori sedang sebanyak 7 peserta didik sebesar (23%), sedangkan tidak terdapat peserta didik yang berkatagori rendah. Berdasarkan hasil dari penilaian antar teman siklus I sebesar 73%, sedangkan siklus II sebesar 93% sehingga sudah mencapai kriteria keberhasilan. Jadi hasil lembar penilaian antar teman dengan hasil lembar observasi saling mendukung. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, teknik make a match, meningkatkan kemampuan kerjasama antar peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, teknik make a match, meningkatkan kemampuan kerjasama antar peserta didik.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 18 Dec 2012 01:50
Last Modified: 29 Jan 2019 17:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9162

Actions (login required)

View Item View Item