Devi Diyas, Sari (2012) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
1 Cover,Motto,persembahan, kata pengantar.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
2 Persetujuan.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
3 Pengesahan.pdf Download (784kB) | Preview |
|
|
Text
4 PERNYATAAN.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
5 DAFTAR ISI.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
6 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
7 DAFTAR TABEL.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
9 ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
10 BAB I - V.pdf Download (752kB) | Preview |
|
|
Text
0 SILABUS SIKLUS I.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
1. PETA KOMPETENSI BTP.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
2. RPP BTP.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
3. KISI-KISI Pretes-Postes.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
4. soal pretes.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
5. soal postes.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
6. KUNCI JAWABAN SIKLUS I.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
7. LKPD FORMALIN.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
8. lembar analisis LKPD.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
9. LEMBAR OBSERVASI.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
10 LKPD Formalin PPT.pdf Download (805kB) | Preview |
|
|
Text
11 Materi BTP PPT.pdf Download (976kB) | Preview |
|
|
Text
12 HASIL ANALISIS PRETES I.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
13 HASIL ANALISIS postes I.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
14 HASIL ANALISIS LKPD.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
1. SILABUS SIKLUS II.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
2. RPP Pewarna.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
3. KISI-KISI PRETES-POSTES.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
4. PRETES.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
5. POSTES.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
6. KUNCI JAWABAN SIKLUS 2.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
7. LKPD PEWARNA.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
8 Materi Pewarna.pdf Download (798kB) | Preview |
|
|
Text
9. kisi-kisi angket.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
10. ANGKET RESPON (ok), 1.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
11 LEMBAR OBSERVASI.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
12 HASIL ANALISIS PRETES II.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
13 HASIL ANALISIS postes II.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
14 HASIL ANALISIS LKPD.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
15 HASIL ANALISIS Angket.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
1 DOKUMENTASI PEMBELAJARAN.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
2 SK Pembimbing.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
3 SK Penguji.pdf Download (695kB) | Preview |
|
|
Text
4 validasi.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
5 surat penelitian.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
6 gubernur.pdf Download (951kB) | Preview |
|
|
Text
7 surat bapedda.pdf Download (713kB) | Preview |
|
|
Text
8 bapedda.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
9 Kepala sekolah.pdf Download (439kB) | Preview |
Abstract
Proses belajar tidak hanya menekankan pada aspek mengingat pengetahuan dan pemahaman, namun juga aspek aplikasi, analisis, evaluasi, dan kreativitas. Hal ini penting karena peserta didik dapat melatih berpikir dan memecahkan masalah serta pengaplikasian konsep dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu diperlukan penerapan model pembelajaran yang mampu menciptakan suasana belajar peserta didik yang aktif serta melatih kemampuan berpikir sehingga dapat memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman dengan penerapan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari peserta didik. Proses pengambilan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes hasil belajar, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 5 Sleman. Kriteria penilaian masing-masing indikator dalam berpikir kritis meningkat dari cukup menjadi baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik khususnya pada mata pelajaran IPA. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), kemampuan berpikir kritis
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL), kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 18 Dec 2012 02:07 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9174 |
Actions (login required)
View Item |