Rakhmawati, Yeni and Mustadi, Ali (2019) Pengembangan Reflective Module Berbasis Child Friendly School untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi dan Percaya Diri pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Mlati. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pengembangan reflective module berbasis child friendly school; 2) menghasilkan reflective module berbasis child friendly school yang memenuhi kriteria kelayakan, dan 3) mengungkapkan keefektifan reflective module yang dihasilkan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi dan percaya diri siswa kelas V SD di Kecamatan Mlati. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development yang mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Mlati. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji t, dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tahapan pengembangan reflective modul berbasis child friendly school meliputi perencanaan, pengembangan produk, validasi ahli, proses uji coba, revisi, dan diseminasi; 2) reflective module yang dihasilkan memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi serta respon guru dan siswa dengan kategori sangat layak; 3) reflective module yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi dan percaya diri siswa, yang meningkat secara signifikan berdasarkan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,000<0,05.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | child friendly school, kemampuan literasi numerasi, percaya diri, reflective module, |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 01:49 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 01:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66699 |
Actions (login required)
View Item |