KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN STRIP STORY TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT PADA ANAK TUNARUNGU KELAS V SD DI SLB NEGERI 1 KULON PROGO

Rismawati, Suci and Praptiningrum, Nurdayati (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN STRIP STORY TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT PADA ANAK TUNARUNGU KELAS V SD DI SLB NEGERI 1 KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Strip Story terhadap kemampuan menyusun kalimat pada anak tunarungu kelas V SD di SLB Negeri 1 Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan jenis kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan desain one group pretest and posttests design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga siswa tunarungu kelas V SD di SLB Negeri 1 Kulon Progo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan statistik deskriptif yang disajikan dalam tabel dan dalam bentuk diagram. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada nilai posttest setelah diberikan treatment media pembelajaran Strip Story. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan menyusun kalimat pada siswa tunarungu. Hasil yang diperoleh masing-masing subjek dalam peningkatan nilai yakni pada subjek VG mengalami peningkatan nilai sebesar 6 menjadi 10 dengan kriteria sangat baik, subjek WF mengalami peningkatan nilai sebesar 6 menjadi 8 dengan kriteria baik, sedangkan subjek BT mengalami peningkatan nilai sebesar 5 menjadi 9 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan nilai tersebut telah menunjukkan adanya perubahan yang baik dan telah menunjukkan kemajuan terhadap menyusun kalimat. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran Strip Story efektif terhadap kemampuan menyusun kalimat pada anak tunarungu kelas V SD di SLB Negeri 1 Kulon Progo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menyusun kalimat, tunarungu, media pembelajaran strip story
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Suci Rismawati 14103241026
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:19
Last Modified: 29 Sep 2023 04:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65219

Actions (login required)

View Item View Item