PERBEDAAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN TUTOR SEBAYA TERHADAPMOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

IKA , RATNAWATI (2012) PERBEDAAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN TUTOR SEBAYA TERHADAPMOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1i_COVER.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4iv_PERNYATAAN.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5v_PERSEMBAHAN.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6vi_MOTTO.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7vii_KATA PENGANTAR.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9ix_DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFPUS.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
xi_DAFTAR TABEL.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
xii_DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
xiii_DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
xiv_ABSTRAK.indonesia.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.64-73_RPP ekspositori.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.74-90_RPP RT-REV2redok.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.91-104_RPP TS-REV2redok.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.105-112_SOAL Prestasi sblm validasi - Copy.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.113-_kunci jawaban prest sblm.pdf

Download (3kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.114-118_SOAL prestasi valid.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.119-_kunci jawaban prest valid - Copy.pdf

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.120-121_angket MOTIVASI REV-2-print.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.122-124_DAFTAR HADIR SISwa.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.125-133_LKPD 12 TNR.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.134-135_ UJI VALIDITAS KORELASI POINT BISERIAL.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.136_PENGETAHUAN AWAL SISWA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.137_HASIL UJI HOMOGENITAS.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.138-142_HASIL UJI ANAVA.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.143_PRESTASI BELAJAR SISWA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16.144-146_DATA SKOR MOTIVASI PESERTA DIDIK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.147-149_JAWABAN Lkpd.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.150_HASIL normalitas.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang positif dan signifikan dalam motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X Semester 2 MA Ali Maksum Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode ekspositori, reciprocal teaching dan tutor sebaya jika pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian factorial experimental designs dengan desain (1) tiga faktor tiga sampel, (2) tiga faktor, tiga sampel dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MA Ali Maksum Yogyakarta yang berjumlah 196 peserta didik dan terbagi dalam 7 kelas. Sampel terdiri dari tiga kelas, yaitu 1 kelas kontrol dan 2 kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varian (anava) dan analisis kovarian (anakova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) tidak ada perbedaan motivasi belajar kimia antara peserta didik kelas X Semester 2 MA Ali Maksum Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode reciprocal teaching, tutor sebaya, dan ekspositori (b) tidak ada perbedaan prestasi belajar kimia antara peserta didik kelas X Semester 2 MA Ali Maksum Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode reciprocal teaching dan metode ekspositori jika pengetahuan awal peserta didik dikendailkan secara statistik (c) ada perbedaan prestasi belajar kimia antara peserta didik kelas X Semester 2 MA Ali Maksum Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode tutor sebaya dan metode ekspositori jika pengetahuan awal peserta didik dikendailkan secara statistik (d) ada perbedaan prestasi belajar kimia antara peserta didik kelas X Semester 2 MA Ali Maksum Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode reciprocal teaching dan metode tutor sebaya jika pengetahuan awal peserta didik dikendailkan secara statistik. Kata kunci: reciprocal teaching, tutor sebaya, ekspositori, motivasi belajar, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: reciprocal teaching, tutor sebaya, ekspositori, motivasi belajar, prestasi belajar.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 06:57
Last Modified: 29 Jan 2019 17:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8201

Actions (login required)

View Item View Item