Pengembangan Reflective Module Berbasis Child Friendly School untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi dan Percaya Diri pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Mlati.

Rakhmawati, Yeni and Mustadi, Ali (2019) Pengembangan Reflective Module Berbasis Child Friendly School untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi dan Percaya Diri pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Mlati. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pengembangan reflective module berbasis child friendly school; 2) menghasilkan reflective module berbasis child friendly school yang memenuhi kriteria kelayakan, dan 3) mengungkapkan keefektifan reflective module yang dihasilkan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi dan percaya diri siswa kelas V SD di Kecamatan Mlati. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development yang mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Mlati. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji t, dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tahapan pengembangan reflective modul berbasis child friendly school meliputi perencanaan, pengembangan produk, validasi ahli, proses uji coba, revisi, dan diseminasi; 2) reflective module yang dihasilkan memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi serta respon guru dan siswa dengan kategori sangat layak; 3) reflective module yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi dan percaya diri siswa, yang meningkat secara signifikan berdasarkan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,000<0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: child friendly school, kemampuan literasi numerasi, percaya diri, reflective module,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Nov 2019 01:49
Last Modified: 18 Nov 2019 01:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66699

Actions (login required)

View Item View Item