Pengembangan Modul Pembelajaran Keterampilan Menulis Berbasis Self-Regulated Strategy Development untuk Anak Autis di Sekolah Khusus

Janah, Nurika Miftakul and Rudiyati, Sari (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Keterampilan Menulis Berbasis Self-Regulated Strategy Development untuk Anak Autis di Sekolah Khusus. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran keterampilan menulis yang layak digunakan anak autis di sekolah khusus, (2) menghasilkan modul pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis anak autis. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Uji coba dilakukan pada lima anak autis di jenjang SMLB dan SMALB di Sekolah Lanjutan Autis Fredofios dan Sekolah Khusus Autis Bina Anggita. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya wawancara, angket, dan tes keterampilan menulis. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif yang disajikan bentuk grafik. Tingkat peningkatan nilai keterampilan menulis anak autis dilihat dengan menggunakan Uji Normalized Gain. Hasil penelitian ini adalah: (1) produk modul pembelajaran menulis berbasis self-regulated strategy development layak digunakan untuk anak autis. Produk terdiri dari tiga komponen utama yaitu: pendahuluan berisi kompetensi, tujuan pembelajaran, dan strategi menulis cerita; 2) isi terdiri dari lembar pemilihan topik, lembar rencana tulisan, lembar penulisan cerita, dan lembar perbaikan cerita; serta 3) evaluasi. Hasil penilaian ahli materi terhadap produk sebesar 47 pada kategori baik, ahli media sebesar 48,5 pada kategori baik, dan guru sebesar 51,2 pada kategori baik; (2) produk efektif terhadap peningkatan keterampilan menulis anak autis yang dinilai dari aspek kualitas cerita secara keseluruhan, jumlah kata, serta bukti perencanaan. Peningkatan skor post-test setelah menggunakan produk sebesar 50,9%. Kata Kunci: modul pembelajaran, keterampilan menulis, anak autis

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Oct 2019 08:01
Last Modified: 14 Oct 2019 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66134

Actions (login required)

View Item View Item