PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN SISTEM KOMPUTER UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 JUWIRING

Nugroho, Aris (2019) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN SISTEM KOMPUTER UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 JUWIRING. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan modul pembelajaran Sistem Komputer untuk siswa kelas X SMK Negeri 1 Juwiring. (2) Untuk megetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran Sistem Komputer pada untuk siswa kelas X SMK Negeri 1 Juwiring. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE meliputi (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain/Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini meliputi 2 dosen ahli media, 1 dosen dan 1 guru mata pelajaran ahli materi, dan siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Juwiring. Objek penelitian ini berupa e-modul pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan e-modul meliputi lembar penilaian kelayakan oleh ahli materi, lembar penilaian penilaian kelayakan oleh ahli media, dan angket respon siswa terhadap penggunaan e-modul. Hasil penelitian menunjukkan: (1) modul pembelajaran yang dikembangkan menjadi produk media pembelajaran berupa E-Modul Sistem Komputer untuk kelas X SMK Negeri 1 Juwiring (2) E-Modul Sistem Komputer yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran atau bahan ajar untuk guru dan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar berdasarkan perolehan nilai rata-rata keseluruhan skor aspek oleh ahli materi 3,52 berada di kategori sangat baik, rata-rata keseluruhan skor aspek oleh ahli media 3,30 berada di kategori sangat baik, dan rata keseluruhan skor aspek oleh respon siswa terhadap e-modul 3,38 berada di kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, e-modul, sistem komputer
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Jul 2019 08:02
Last Modified: 17 Jul 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64624

Actions (login required)

View Item View Item