LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Arum Wahidatun, Arum Wahidatun (2014) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Arum_mandiri1.docx

Download (1MB)
[img] Text
Arum_mandiri 2.docx

Download (1MB)
[img] Text
RPP_Arum_terbimbing3.docx

Download (1MB)
[img] Text
RPP_Arum_terbimbing4.docx

Download (1MB)
[img] Text
RPP_Arum_Ujian kelas 3.docx

Download (1MB)
[img] Text
RPP4_mandiri2.doc

Download (946kB)
[img] Text
rpp baru_terbimbing2.doc

Download (1MB)
[img] Text
RPP_mandiri1.doc

Download (1MB)
[img] Text
RPP_terbimbing1.doc

Download (728kB)
[img] Text
CATHAR PPL.doc

Download (374kB)
[img] Text
matrik aw.rtf

Download (992kB)
[img] Text
serapan dana kelompok.docx

Download (44kB)
[img] Text
serapan danadone.doc

Download (49kB)
[img] Text
cover.docx

Download (147kB)
[img] Text
halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar lampiran, abstrak.rtf

Download (2MB)
[img] Text
ISI LAPORAN.doc

Download (305kB)
[img] Text
lembar pengesahan.doc

Download (1MB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta merupakan program yang disusun dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa pada bidang yang ditekuninya. Program Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan pada semester khusus 2016. Sebagai wujud nyata pelaksanaan Program Praktik Pengalaman Lapangan, Universitas Negeri Yogyakarta bekerjasama dengan SD N Surokarsan 2 yang ditunjuk sebagai salah satu instansi bagi mahasiswa untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan. Program Praktik Pengalaman Lapangan bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa agar menerapkan ilmu yang diperoleh dari kampus sekaligus sebagai sarana mahasiswa agar lebih siap terjun ke lapangan setelah lulus. Program Praktik Pengalaman Lapangan ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 4 kali, praktik mengajar mandiri 4 kali dan 1 ujian yang dilaksanakan mulai tanggal 18 Juli – 15 September 2016. Program Praktik Praktik Lapangan ini meliputi banyak kegiatan di dalamnya seperti pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran berupa umpan balik dari guru pembimbing dan tindak lanjut. Program Praktik Pengalaman Lapangan dilakukan dalam tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan perencanaan berupa observasi dan mencari data – data yang dibutuhkan dan melakukan beberapa persiapan yang diperlukan dalam proses mengajar. Kegiatan pelaksanaan berupa kegiatan mengajar mata pelajaran di kelas. Dalam pelaksanaan ini mahasiswa 8 kali mengajar terbimbing dengan praktik mengajar di kelas rendah dan kelas tinggi masing-masing 4 kali. Kemudian dilakukan ujian pada seminggu terakhir sebelum penarikan. Evaluasi merupakan refleksi keberhasilan program yang direncanakan sekaligus rencana tindak lanjut yang diambil. Secara keseluruhan program Praktik Pengalaman Lapangan di SD N Surokarsan 2 berjalan dengan baik dan lancar. Walaupun terdapat beberapa kendala ketika di lapangan semua dapat diselesaikan berkat kerjasama yang baik antara mahasiswa, guru, karyawan, DPL dan siswa SD N Surokarsan 2.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Praktik Pengalaman Lapangan, Praktik Mengajar Terbimbing, Praktik Mengajar Mandiri
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jun 2017 06:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49462

Actions (login required)

View Item View Item