LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Ananda Galuh Suasari, Ananda Galuh Suasari (2016) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
1 COVER.docx

Download (145kB)
[img] Text
2 lembar pengesahan - abstrak.docx

Download (77kB)
[img] Text
3 bab I - bab III.doc

Download (295kB)
[img] Text
2 Lampiran Matrik Program Kerja.rtf

Download (1MB)
[img] Text
3 lampiran laporan mingguan.doc

Download (457kB)
[img] Text
4 Lampiran dana Individu.doc

Download (52kB)
[img] Text
4 Lampiran dana kelompok.doc

Download (68kB)
[img] Text
5 Lampiran dokumentasi.doc

Download (37MB)
[img] Text
Sekat LAMPIRAN print 1.docx

Download (36kB)
[img] Text
LAMPIRAN MATERI.docx

Download (138kB)
[img] Text
RPP KE 1 KELAS 3 (28 JULI).docx

Download (447kB)
[img] Text
RPP KE 3 KELAS 3 (8 AGUSTUS).docx

Download (62kB)
[img] Text
RPP KE 5 KELAS 4 (24 AGUSTUS).docx

Download (266kB)
[img] Text
RPP KE 6 KELAS 4 (26 AGUSTUS).docx

Download (232kB)
[img] Text
RPP KE 7 KELAS 4 ( 1 SEPTEMBER).docx

Download (445kB)
[img] Text
RPP KE 8 KELAS 4 (3 SEPTEMBER).docx

Download (592kB)
[img] Text
RPP KE 9 KELAS 4 (10 SEPTEMBER).docx

Download (416kB)

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2016 memberikan kesempatan bagi mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SD N Surokarsan 2 merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2016. Tujuan dari program Praktik Pengalaman Lapangan adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang managerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan keprofesionalan dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 4 kali yang dilaksanakan 2 kali di kelas tinggi yaitu kelas 4 dan kelas rendah kelas 3. Selain itu, praktik mengajar mandiri juga dilakukan sebanyak 4 kali yang dilaksanakan 2 kali di kelas tinggi dan kelas rendah. Ujian PPL dilaksanakan 1 kali di kelas 4. Pelaksanaan berlangsung selama tanggal 15 Juli- 15 September 2016. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi pembekalan dan orientasi pengajaran mikro, pengamatan AVA, praktik pengajaran mikro, observasi pembelajaran, dan membuat persiapan mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap analisis hasil berisi hasil pelaksanaan, hambatan, solusi, dan refleksi. Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, Praktik Mengajar, SDN Surokarsan 2
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jun 2017 05:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49459

Actions (login required)

View Item View Item