Pengaruh Lingkungan Keluarga, Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru, dan Fasilitas Sekolah terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD se-Kecamatan Membalong, Belitung.

Gusmentari, Selly and Jabar, Cepi S Abdul (2019) Pengaruh Lingkungan Keluarga, Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru, dan Fasilitas Sekolah terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD se-Kecamatan Membalong, Belitung. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar, (2) pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar, (3) pengaruh fasilitas sekolah terhadap minat belajar, dan (4) pengaruh lingkungan keluarga, persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, dan fasilitas sekolah secara bersama-sama terhadap minat belajar siswa kelas V SD se-Kecamatan membalong, Belitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto. Penelitian ini dilaksanakan di 15 sekolah dasar negeri se- Kecamatan Membalong. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V sekolah dasar negeri se-Kecamatan Membalong sebanyak 434 siswa. Sampel penelitian sebanyak 208 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling berdasarkan letak geografis sekolah. Pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur lingkungan keluarga, persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, fasilitas sekolah, dan minat belajar. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari lingkungan keluarga terhadap minat belajar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, thitung (8,031) > ttabel (1,972), serta besarnya pengaruh yaitu 23,8%; (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, thitung (9,762) > ttabel (1,972), serta besarnya pengaruh yaitu 31,6%; (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari fasilitas sekolah terhadap minat belajar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, thitung (6,706) > ttabel (1,972), serta besarnya pengaruh yaitu 17,9%; dan (4) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari lingkungan keluarga, persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, dan fasilitas sekolah secara bersama-sama terhadap minat belajar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, Fhitung (42,416) > Ftabel (3,04), serta besarnya pengaruh yaitu 38,4%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: lingkungan keluarga, persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, fasilitas sekolah, minat belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Nov 2019 07:32
Last Modified: 14 Nov 2019 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66679

Actions (login required)

View Item View Item