Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dan Karakter Toleransi melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta.

Widaryati, Widaryati and Zubaidah, Enny (2019) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dan Karakter Toleransi melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (934kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi dan untuk mengembangkan karakter toleransi siswa kelas 4 Mas Mansur SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta pada tahun pelajaran 2018/2019 . Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas IV Mas Mansur SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, dan soal tes menulis deskripsi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan model CIRC dapat meningkatkan keterampilan menulis dan karakter toleransi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata skor kegiatan pembelajaran guru dan siswa pada siklus I ke siklus II sebesar 74% meningkat menjadi 80,75%.Hal ini menunjukkan keterampilan menulis deskripsi dan karakter toleransi meningkat. Peningkatan keterampilan menulis pada siklus 1 sebesar 6, kondisi awal 60, meningkat menjadi 66. Peningkatan karakter toleransi pada siklus 1 sebesar 8, kondisi awal 57 meningkat menjadi 65. Pada siklus II, keterampilan menulis deskripsi meningkat sebesar 13, kondisi awal 66 menjadi 79. Karakter toleransi meningkat sebesar 13, kondisi awal 65 menjadi 78. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil meningkatkan keterampilan menulis dan karakter toleransi siswa kelas IV SD Muhammadiyah Sapen dapat tercapai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis deskripsi, CIRC, karakter toleransi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Sep 2019 01:12
Last Modified: 23 Sep 2019 02:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65957

Actions (login required)

View Item View Item