Pengembangan Model Pembelajaran Natural Messy Play untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 4-5 Tahun

Annisa, Aulia and Sutapa, Panggung (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Natural Messy Play untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 4-5 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis karakteristik model pembelajaran Natural Messy Play dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 4-5 tahun; (2) Menghasilkan sebuah model pembelajaran Natural Messy Play yang layak untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 4-5 tahun; dan (3) menguji keefektifan dari model pembelajaran Natural Messy Play dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usai 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis research and development yang mengacu pada 10 langkah model penelitian pengembangan Borg & Gall. Uji kelayakan produk dilakukan oleh 2 validator yakni ahli materi dan ahli media pembelajaran. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun se-Kabupaten Sleman yang terdiri dari 10 subjek uji coba lapangan awal/terbatas, 35 subjek uji coba lapangan utama/diperluas, dan 75 subjek uji coba lapangan operasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket dengan desain equivalent time series design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara studi pendahuluan, pedoman observasi studi pendahuluan, angket validasi ahli, angket respon guru, pedoman observasi respon anak, dan pedoman observasi kecerdasan kinestetik. Kelayakan dari model pembelajaran Natural Messy Play dianalisis dengan mengkonversikan skor kedalam 5 kategori kuantitatif. Keefektifitasan model pembelajaran Natural Messy Play dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial dengan melakukan uji Kruskal Wallis dengan taraf signifikansi 0,05. Penelitian pengembangan ini memperoleh hasil berupa: (1) model pembelajaran Natural Messy Play dinyatakan sebagai sebuah model pembelajaran berdasarkan karakteristik sintaks, sosial system, support system, dan peran guru; (2) model pembelajaran Natural Messy Play dinyatakan layak digunakan berdasarkan kriteria kelayakan oleh ahli materi, ahli media, respon guru, dan respon anak dengan kategori sangat baik; (3) model pembelajaran Natural Messy Play dinyatakan efektif digunakan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 4-5 tahun se-Kabupaten Sleman berdasarkan analisis Hasil uji statistik Kruskal Wallis (taraf sig. < 0,05) yang memperoleh nilai sig. 0,00. Kata Kunci: model pembelajaran, Natural Messy Play, kecerdasan kinestetik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2019 08:29
Last Modified: 26 Sep 2019 01:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65541

Actions (login required)

View Item View Item