PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENCUCI RAMBUT PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 YOGYAKARTA

Rochmah, A'nnisa Mawaddah and Mumpuniarti, Mumpuniarti (2019) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENCUCI RAMBUT PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
COVER SKIRPSI.pdf

Download (952kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan mencuci rambut pada siswa tunagrahita kategori sedang kelas VIII rombongan belajar tata rias dalam kegiatan tata kecantikan rambut di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SLBN 1 Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang siswa tunagrahita kategori sedang kelas VIII rombongan belajar tata rias dan satu orang guru kelas tata rias. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tujuan pembelajaran keterampilan mencuci rambut adalah agar siswa tunagrahita kategori sedang dapat memahami cara mencuci rambut sebagai modal untuk bekerja, 2) jenis materi yang disampaikan berupa prosedur mencuci rambut yang dituliskan dalam Rancangan Program Pembelajaran (RPP), 3) metode pembelajaran yang digunakan tanya jawab, diskusi, penugasan, drill, bermain peran, ceramah, dan pendekatan kontekstual, 4) media pembelajaran yang gambar, manekin, dan tempat mencuci rambut, dan 5) evaluasi menggunakan metode tes dan non tes.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran keterampilan mencuci rambut, tunagrahita sedang
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: A'nnisa Mawaddah Rochmah 14103241056
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:24
Last Modified: 29 Sep 2023 04:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65242

Actions (login required)

View Item View Item