Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Kokap.

Marlina, Amalia Dwi and Sugito, Sugito (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Kokap. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Inkuiri yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan tanggung jawab siswa kelas IV serta menguji keefektifan perangkat pembelajaran yang dihasilkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada desain Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah, yaitu: (1) research and information collection, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing ,(7) operational product revision, (8) operational field testing, (9) final product revision, dan (10) dissemination and implementation. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV SD N Grindang, SD N Pucanggading, SD N Gunung Agung, dan SD N Sangon. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman wawancara, lembar observasi, angket validasi kelayakan produk, angket respon guru dan siswa, angket tanggung jawab, dan tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan independent sample t-test dan paired sample t-test pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis inkuiri yang dihasilkan layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan tanggung jawab siswa kelas IV sekolah dasar di Kecamatan Kokap. Kelayakan media dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi yang memperoleh nilai dengan kategori “layak” dan hasil validasi ahli media yang memperoleh nilai dengan kategori “sangat layak”. Hasil respon guru dan siswa memperoleh nilai dengan kategori “sangat baik”. (2) Perangkat pembelajaran yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan tanggung jawab siswa. Keefektifan tersebut dapat dilihat dari hasil uji menggunakan independent sample t-test yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 atau nilai sig<0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan berpikir kritis dan angket tanggung jawab antara kelas kontrol dan eksperimen. Sementara itu dari hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 atau nilai sig<0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan berpikir kritis dan angket tanggung jawab di kelas eksperimen antara sebelum dan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran tematik integratif, inkuiri, kemampuan berpikir kritis, tanggung jawab
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:14
Last Modified: 23 Sep 2019 01:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65105

Actions (login required)

View Item View Item