Aziz, Muhammad Abdul and Retnawati, Heri (2024) Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Kolokasi Bahasa Inggris Mahasiswa. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
disertasi_muchammad abdul aziz_17701261009.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Menguasai kolokasi meningkatkan kemahiran bahasa, kelancaran, dan komunikasi alami. Mengidentifikasi kolokasi dalam korpora bahasa sangat penting untuk mengembangkan dan menguji bahan pengajaran yang efektif. Menilai pengetahuan kolokasi sangat penting untuk mendeteksi kompetensi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konstruk instrumen penilaian pengetahuan kolokasi bahasa Inggris, mengkaji signifikansi identifikasi kolokasi bahasa Inggris dalam korpus bahasa, mengkaji kualitas instrumen penilaian pengetahuan kolokasi bahasa Inggris mahasiswa, dan mengkaji efektifitas intrumen penilaian pengetahuan kolokasi bahasa Inggris mahasiswa dalam menghasilkan deteksi kompetensi pengetahuan kolokasi. Penelitian pengembangan ini menggunakan Model Plomp yang dimodifikasi dan diintegrasikan dengan tahap pengembangan tes dari Mardapi yang dimodifikasi, meliputi desain tes, pengujian, penentuan validitas, reliabilitas, dan interpretasi skor. Instrumen untuk menilai pengetahuan kolokasi dikembangkan dengan 550 mahasiswa bahasa Inggris di Pusat Pengembangan Bahasa. Pengumpulan data meliputi studi korpus, dokumentasi, dan tes, dengan menggunakan instrumen seperti lembar keterbacaan dan review. Teknik analisis data meliputi ukuran asosiasi (AMs), validitas isi melalui indeks Aiken, validitas konstruk melalui analisis faktor konfirmatori, analisis soal menggunakan teori tes klasik dan teori respon soal, serta analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan kolokasi bahasa Inggris, dan instrumen penilaian pengetahuan kolokasi. Kolokasi bahasa Inggris yang dihasilkan terbukti signifikan dan valid untuk empat jenis kolokasi. Instrumen penilaian pengetahuan kolokasi, yang mencakup berbagai tugas, telah terbukti valid dan reliabel untuk mengukur berbagai kompetensi. Tugas yes/no acceptability judgement mengukur pengenalan perseptual, tugas multiple-choice menilai pengenalan konseptual, tugas fill-in-the- blank mengevaluasi memori kolokasi, dan tugas written translation (L1-to-L2) menguji ingatan makna kolokasi. Selain itu, tugas sentence writing mengukur penggunaan kolokasi. Tugas-tugas ini secara kolektif memastikan deteksi efektif kompetensi pengetahuan reseptif dan produktif dalam empat jenis kolokasi.
| Item Type: | Thesis (S3) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | penilaian pengetahuan kolokasi, keterampilan bahasa, bahan ajar ESL/EFL |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Tinggi Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris Pendidikan > Evaluasi Pendidikan |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 29 Apr 2025 08:00 |
| Last Modified: | 29 Apr 2025 08:00 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86732 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
