Fauzi, Restu and Kumalasari, Dyah (2019) Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai-nilai Budaya Lokal Minangkabau di SMA Negeri 1 Rambatan Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (749kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (13MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (163kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan pendidikan karakter bangsa berbasis nilai-nilai budaya lokal Minangkabau dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Rambatan; (2) Pelaksanaan pendidikan karakter bangsa berbasis nilai-nilai budaya lokal Minangkabau dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Rambatan; (3) Evaluasi pendidikan karakter bangsa berbasis nilai-nilai budaya lokal Minangkabau dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Rambatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Rambatan sebagai objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara obeservasi, wawancara dengan kepala sekolah, waka kurikulum, guru sejarah, siswa, dan pengumpulan dokumen yang relevan. Pemilihan sumber data ditentukan dengan tekniksnowball sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri dengan menggunakan panduan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan model interakitf dengan urutan sebagai berikut: pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drwaing/verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai budaya lokal Minangkabau di SMA N 1 Rambatan disusun dalam perangkat pembelajaran seperti silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan rencana pembelajaran memuat nilai-nilai karakter bangsa berbasis nilai-nilai budaya lokal Minangkabau. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter bangsa berbasis nilai-nilai budaya lokal Minangkabau dalam pembelajaran sejarah menggunakan beberapa metode pembelajaran diantaranya ceramah, diskusi, presentasi, dan tanya jawab. Dengan menggunakan metode-metode tersebut guru mengintegrasikan nilai-nilai karakter bangsa dengan mengembangkan dan menanamkan nilai-nilai karakter tersebut kepada siswa/i. (3) Evaluasi pendidikan karakter bangsa berbasis nilai- nilai budaya lokal Minangkabau dalam pembelajaran sejarah dilakukan guru dengan melakukan penilaian untuk melihat hasil dan ketercapaian kompetensi yang terdiri dari kompetensi pengetahuan (kognitif), kompetensi sikap (afektif), dan kompetensi keterampilan (psikomotorik) dan guru selalu melakukan penilaian melalui pengamatan secara objektif.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter, Pembelajaran Sejarah, Budaya Lokal, Minangkabau. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 08 Oct 2020 02:24 |
Last Modified: | 08 Oct 2020 02:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69238 |
Actions (login required)
View Item |