Samsuddin, Auliaul and Retnawati, Heri (2019) Kemampuan Literasi Matematika dan Self- efficacy Siswa SMP Negeri di Kota Makassar. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (783kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (951kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika dan Self-efficacy serta hubungan antara literasi matematika dan Self- efficacy siswa SMP Negeri di Kota Makassar . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis survei dengan sampel sebanyak 393 siswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling technique. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes literasi matematika dan angket Self-efficacy yang telah dibuktikan validasi konten dan konstruk serta diestimasi reliabilitasnya. Data dianalisis secara kuantitatif deskriptif dan inferensial. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa SMP Negeri di Kota Makassar tergolong rendah dengan sebaran 48,35% siswa memiliki kemampuan literasi matematika yang sangat rendah, 24,43% siswa termasuk kategori rendah, 14,76% termasuk kategori sedang, 8,91% termasuk kategori tinggi serta 3,56% pada kategori sangat tinggi. Kemampuan literasi matematika siswa pada komponen proses Formulate dan Interpret tergolong rendah serta Employ tergolong sedang. Kemampuan literasi matematika siswa pada konten Quantity, Change & relationship, Space & shape, serta Uncertainty & data termasuk kategori rendah. Kemampuan literasi matematika siswa pada konteks Personal, Occupational, dan Societal termasuk kategori rendah serta Scientific tergolong sangat rendah. Secara umum, kemampuan Self- efficacy siswa SMP Negeri di Kota Makassar tergolong sedang dengan sebaran 1,27% siswa memiliki Self-efficacy yang sangat rendah, 16,03% siswa termasuk kategori rendah, 49,11% termasuk kategori sedang, 27,48% termasuk kategori tinggi serta 6,11% pada kategori sangat tinggi. Self-efficacy siswa pada dimensi Level, Strength, dan Generality tergolong sedang. Selain itu diperoleh bahwa terdapat hubungan positif yang lemah namun signifikan (r = 0,274, sig<0,05) antara literasi matematika dan Self-efficacy.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Matematika, Self-efficacy. |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 06:32 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 06:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66196 |
Actions (login required)
View Item |