Kusumastuti, Endah (2013) PERBEDAAN PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SMP PADA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN PKn. S1 thesis, UNY.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (906kB) | Preview |
|
|
Text
MOTTO.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (839kB) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (710kB) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (790kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran Angket.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran Karakter Mandiri.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran Karakter Tanggung Jawab.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran Lembar Observasi.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran Nilai Karakter.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran Uji Coba Instrumen.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
Text
surat keterangan ijin penelitian SETDA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Surat keterangan penelitian.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Ringkasan Endah.pdf Download (505kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pembentukan karakter mandiri siswa SMP pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dalam pembelajaran PKn; dan (2) Perbedaan pembentukan karakter tanggung jawab siswa SMP pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dalam pembelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Test Post-Test Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara simple random sampling, yaitu kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Kuder Richardson KR-20. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan pembentukan karakter mandiri siswa SMP pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dalam pembelajaran PKn. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji-t yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol bahwa besar karakter mandiri siswa sebesar 2,413>ttabel=2,000 atau nilai sig=0,019< =5%. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan pembentukan karakter tanggung jawab siswa SMP pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dalam pembelajaran PKn. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji-t yang dilakukan pada nilai posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil perhitungan uji-t menunjukan bahwa besar karakter tanggung jawab sebesar 2,656>ttabel=2,000 atau nilai sig=0,010< =5%. Kata Kunci: Karakter mandiri, karakter tanggung jawab, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 00:22 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24099 |
Actions (login required)
View Item |