PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENDEKATAN MULTISENSORI BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V SLB-C MA’ARIF MUNTILAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Sukadi, Sukadi (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENDEKATAN MULTISENSORI BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V SLB-C MA’ARIF MUNTILAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 -10103247002.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -10103247002.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -10103247002.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover -10103247002.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -10103247002.pdf

Download (542kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuam membaca melalui pendekatan multisensori bagi anak tunagrahita ringan kelas V SLB-C Ma’arif Muntilan Tahun Pelajaran 2011/2012. Data kuantitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan membaca sebagai hasil tes, dan data kualitatif diperoleh melaui metode angket dan Observasi (pengamatan) sebagai data non tes. Subjek Penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V SLB-C Ma’arif Muntilan yang berjumlah 7 siswa. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca pada anak tunagrahita ringan setelah diberi tindakan dengan pendekatan multisensori. Peningkatan dari subjek TBP pra tindakan 62%, siklus I 70%, siklus II 78% dengan total persentasi pencapaian 16%. Subjek TY pra tindakan 58%, siklus I 64%, siklus II 70% dengan total persentasi pencapaian 12%. Subjek MB pra tindakan 56%, siklus I 64%, siklus II 70% dengan total persentasi pencapaian 14%. Subjek MEK pra tindakan 46%, siklus I 56%, siklus II 64%, total persentasi pencapaian 18%. Subjek I pra tindakan 44%, siklus I 48%, siklus II 56% dengan total persentasi pencapaian 12%. Subjek AO pra tindakan 48%, siklus I 58%, siklus II 66% dengan total persentasi pencapaian 18%. Subjek SPL pra tindakan 54%, siklus I 60%, siklus II 68% dengan total persentasi pencapaian 14%. Kata kunci: kemampuan membaca, pendekatan multisensori, anak tunagrahita ringan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca, pendekatan multisensori, anak tunagrahita ringan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 30 Jan 2013 07:32
Last Modified: 29 Jan 2019 18:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9573

Actions (login required)

View Item View Item