EMILIA DWI, OKTAVIA (2012) PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN SOAL LISTRIK DINAMIS SISWA KELAS X SMAN I NGAGLIK PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAAN STRATEGI PROBLEM POSING TIPE FREE-PROBLEM POSING DAN TIPE STRUCTURED-PROBLEM POSING. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
Cover-08302241031.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I-08302241031.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II-08302241031.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V-08302241031.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-08302241031.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
halaman persetujuan-08302241031.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR08302241031.pdf Download (889kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR NILAI KEMAMPUAN A.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
Lamp 1 HASIL UJI RELIABILITAS.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
Lamp 1 validitas reliabilitas soal.pdf Download (792kB) | Preview |
|
|
Text
Lamp 2 Kisi-kisi.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
lamp 3 SOAL POST-TES.pdf Download (693kB) | Preview |
|
|
Text
lamp 3 SOAL PRE-TEST.pdf Download (695kB) | Preview |
|
|
Text
lamp 4 KUNCI JAWABAN POST TES.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
lamp 4 KUNCI JAWABAN PRE TES.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
Lamp 6 nilai pre test dan matching.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
lamp 7 Tugas problem posing.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
Lamp 8 Acuan Penilaian Tugas Prolem Posing.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
Lamp 9 Nilai Problem Posing.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
Lamp 9 Nilai Tugas PROBLEM POSING (Structured-Problem Posing.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
lamp 10 nilai post tes.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
lamp 11 dokumentasi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Nilai terstandar pre test kelas A dan kelas B.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
Nilai terstandar pre test kelas A dan kelas B_print.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
RPP kelas free_1.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
RPP kelas free_2.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
RPP kelas free_3.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
RPP kelas structred_1.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
RPP kelas structured_2.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
RPP kelas structured_3.pdf Download (420kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan memecahkan soal listrik dinamis siswa kelas X SMAN 1 Ngaglik pada pembelajaran menggunakan Strategi Problem Posing tipe Free-Problem Posing dan strategi Problem Posing tipe Structured-Problem Posing serta menetahui manakah diantara strategi Problem Posing tipe Free-Problem Posing dan Strategi Problem Posing tipe Structured-Problem Posing yang lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan soal listrik dinamis siswa kelas X SMAN 1 Ngaglik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Static Group Pre-test – Post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Ngaglik yang terdiri dari enam kelas yaitu kelas XA, XB, XC, XD, XE, dan XF dengan kelas yang diambil sebagai kelas sampel adalah kelas XA dan XB. Kelas XA mendapat perlakuan menggunakan strategi Problem Posing tipe Free-Problem Posing sedangkan kelas XB mendapat perlakuan menggunakan strategi Problem Posing tipe Structured-Problem Posing. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah kemampuan memecahkan soal listrik dinamis. Pengambilan data dilakukan dengan tes dalam bentuk soal uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis independent t-test pada program SPSS 18.0 dan gain ternormalisasi. Tingkat signifikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan memecahkan soal listrik dinamis siswa kelas X SMAN 1 Ngaglik antara pembelajaran menggunakan Strategi Problem Posing tipe Free-Problem Posing dan strategi Problem Posing tipe Structured-Problem Posing dengan nilai t hitung -4,066 < t tabel 2,0017. Selain itu dapat pula disimpulkan bahwa strategi Problem Posing tipe Structured-Problem Posing memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan strategi belajar Problem Posing tipe Free-Problem Posing, dengan nilai gain pada penggunaan strategi Problem Posing tipe Structured-Problem Posing sebesar 74,72, sedangkan pada pembelajaran dengan strategi Problem Posing tipe Free-Problem Posing diperoleh gain sebesar 66,36. Kata kunci: Free-Problem Problem Posing, Structured-Problem Posing dan kemampuan memecahkan soal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Free-Problem Problem Posing, Structured-Problem Posing dan kemampuan memecahkan soal. |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 18 Dec 2012 03:18 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9207 |
Actions (login required)
View Item |