ABI KRIDA, PRASTYA (2012) PROSES PEMBELAJARAN MUSIK BAGI KELOMPOK BAND JUST 4_U DI SMA BOPKRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
1-06208241034.pdf Download (673kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1-06208241034.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2-06208241034.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5-06208241034.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN-06208241034.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran musik bagi kelompok band Just 4_U di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta. Fokus permasalahan ditujukan pada pembelajaran musik salah satunya dari band Just 4_U yang ditinjau dari aspek (1) Tujuan pembelajaran musik, (2) Materi pembelajaran musik (lagu, pola irama, notasi musik sederhana, aransemen), (3) Metode pembelajaran musik, (4) Evaluasi pembelajaran musik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru seni musik sekaligus pelatih dan siswa yang tergabung dalam kelompok band Just 4_U di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat bantu yang digunakan dalam pengumpulan data berupa kamera digital untuk memotret aktivitas belajar, handphone untuk merekam suara dan video untuk merekam proses latihan dan pementasan. Data dianalisis dengan reduksi data, setelah itu data disajikan dan yang terakhir adalah menarik kesimpulan ( verification ). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tujuan pembelajaran musik selain memberdayakan siswa yang berkompeten di bidangnya, juga mampu mengasah aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa, (2) materi pembelajaran yang diajarkan tidak hanya berupa lagu-lagu, melainkan diajarkan juga berbagai macam pattern atau pola irama, membaca notasi musik sederhana dan aransemen lagu (jazz, rock, fusion, reggae, disco), (3) metode yang digunakan dalam pembelajaran musik pada band Just 4_U bervariasi seperti metode diskusi, metode ceramah, metode demonstrasi, serta metode latihan ( drill ), dan (4) evaluasi pembelajaran musik di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta cukup unik, bersifat terbuka dan mampu menyemangati siswa untuk lebih giat berlatih musik/band.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Musik Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 04 Dec 2012 02:44 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8120 |
Actions (login required)
View Item |