PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN ROK SUAI DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KABUPATEN BANTUL

Oktaviani, Claratessa Isma (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN ROK SUAI DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
01.Cover.pdf

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02.Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03.BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04.BAB II.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05.BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06.BAB IV.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07.BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08.Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09.Lampiran.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pencapaian kompetensi peserta kursus di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantul dalam pembuatan rok suai sebelum menggunakan media video pembelajaran; (2) pencapaian kompetensi peserta kursus di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantul dalam pembuatan rok suai sesudah menggunakan media video pembelajaran; dan (3) pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap pencapaian kompetensi pembuatan rok suai di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eskperimen dengan one group pre-test-post-test design. Penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga seluruh peserta kursus di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantul berjumlah 16 orang digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes penilaian aspek kofnitif, afektif, dan psikomotorik. Teknik analisis data menggunakan uji Paired T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pencapaian kompetensi peserta kursus di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantul dalam pembuatan rok suai sebelum menggunakan media video ditinjau dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik mayoritas dinyatakan belum kompeten masing-masing sebanyak 14 orang (87,5%); (2) pencapaian kompetensi peserta kursus di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantul dalam pembuatan rok suai sesudah menggunakan media video ditinjau dari aspek psikomotorik seluruhnya sebanyak 16 orang (100,00%) dinyatakan kompeten dalam pembuatan rok suai; dan (3) ada pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap pencapaian kompetensi pembuatan rok suai di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantul. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (10,971>2,131), apabila dibandingkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media video, pencapaian kompetensi, dan rok suai
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:16
Last Modified: 12 Feb 2020 07:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67506

Actions (login required)

View Item View Item