Tyas`, Wrin Probo and Retnowati, Trie Hartiti (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Motif Batik Kebumen untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Membatik bagi Siswa SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran ditinjau dari aspek pembelajaran, tampilan dan isi, fungsi, manfaat, dan pemilihan materi pembelajaran; (2) mengetahui penerapan modul pembelajaran motif batik Kebumen untuk meningkatkan kreativitas membatik siswa; (3) mengetahui penerapan modul pembelajaran motif batik Kebumen untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pengembangan. Langkah- langkah penelitian ini meliputi identifikasi tujuan pembelajaran, analisis kebutuhan modul, desain pengembangan modul, modul awal, evaluasi modul/validasi, dan modul akhir. Proses validasi melalui ahli materi, ahli media, dan penilaian siswa. Subjek dalam penelitian ini 29 siswa yang terdiri atas 6 siswa untuk uji kelayakan terbatas, dan 23 siswa untuk uji coba lapangan. Data penelitian ini dikumpulkan melalui lembar validasi, angket kreativitas, dan hasil belajar. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan hasilnya dinyatakan dengan angka berskala 1- 100. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Modul pembelajaran motif batik Kebumen dinyatakan layak untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar membatik bagi siswa SMA. (2) Modul pembelajaran motif batik Kebumen diimplementasikan dapat meningkatkan kreativitas siswa dengan kriteria sangat baik. (3) Modul pembelajaran motif batik Kebumen yang diimplementaikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul pembelajaran motif batik Kebumen dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar membatik siswa bagi siswa SMA.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | batik, hasil belajar, kreativitas, media pembelajaran, modul |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 07:43 |
Last Modified: | 11 Feb 2020 07:43 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67475 |
Actions (login required)
View Item |