IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XI TKR DI SMK MA’ARIF 1 WATES

Hidayat, Rifqi Ardiyanto (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XI TKR DI SMK MA’ARIF 1 WATES. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) untuk mengetahui peningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran PSPTKR di SMK Ma’arif 1 Wates, (2) untuk mengetahui peningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran PSPTKR di SMK Ma’arif 1 Wates. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Ma’arif 1 Wates pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan. Data dikumpulkan menggunakan penilaian tes tertulis dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji instrument penelitian, uji beda (uji t), uji presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal, dan uji gain rata-rata ternormalisasi, dan alalisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Cara menerapkan model pembelajaran learning cycle pada mata pelajaran PSPTKR adalah diawali dengan membuat RPP, memberikan video apersepsi, guru menanyakan kepada siswa hal yang terjadi di kehidupan sehari hari terkait dengan materi pembelajaran, guru memberikan pertanyaan yang mampu untuk memancing siswa agar pikirannya bereksplorasi, guru memberikan gambaran terkait materi pembelajaran kemudian siswa satu kelas berdiskusi untuk mencoba memahami materi yang diberikan guru, guru memberikan evaluasi berupa tes tertulis, guru juga menjelaskan pentingnya menuntut ilmu bagi masa depan siswa, (2) Model pembelajaran learning cycle dapat meningkatkan keaktifan siswa. Pada pra siklus nilai keaktifan siswa adalah 2,00, siklus 1 adalah 2,29, dan siklus 2 adalah 3,35, dan (3) Model pembelajaran learning cycle dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada pra siklus nilai rata-ratanya adalah 5,15, kemudian pada siklus 1 adalah 7,36, dan siklus 2 adalah 9,48. Jumlah siswa yang tidak lulus KBM pada pra siklus adalah sebanyak 98%, pada siklus 1 adalah 24,24%, dan siklus 2 adalah 0%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning cycle, prestasi belajar, keaktifan, Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Jan 2020 06:14
Last Modified: 27 Jan 2020 06:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67236

Actions (login required)

View Item View Item