PENERAPAN MPK-BPKB DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKK PROGRAM KEAHLIAN DPIB DI SMK DIY

Switara, Komang Ari (2019) PENERAPAN MPK-BPKB DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKK PROGRAM KEAHLIAN DPIB DI SMK DIY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.Abstrak.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan MPKBPKB pada mata pelajaran PKK di kelas XI DPIB SMKN 2 Depok, (2) mendeskripsikan apakah pelaksanaan MPK-BPKB meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran PKK di kelas XI DPIB SMKN 2 Depok, dan (3) mendeskripsikan apakah pelaksanaan MPK-BPKB meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar mata pelajaran PKK di kelas XI DPIB SMKN 2 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian Kuasi Eksperimen (Quasy Experiment). Subjek dari penelitian ini dipilih secara random dengan hasil 30 siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Depok sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Seyegan sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes dan angket. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif, uji Independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan dari pelaksanaan tahap MPK-BPKB sudah memadai dengan nilai rerata terdapat pada bentang kriteria 2,25 > X ≥ 1,5. Hasil analisis rerata motivasi belajar pada kelas eksperimen adalah sebesar 2,04 (dengan rentang 0-3) yang artinya MPK-BPKB memotivasi siswa dalam belajar mata pelajaran PKK. Hasil perhitungan pretest nilai rerata kelas eksperimen adalah 45,33 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 42,17, sedangkan untuk hasil perhitungan posttest nilai rerata kelas eksperimen adalah 76,33 masih lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 51,83. Setelah dilakukan uji persyaratan analisis yang hasilnya normal dan homogen maka selanjutnya dilakukan uji hipotesis pada kedua kelas dengan hasil uji t menggunakan cara manual maupun program SPSS v.22 untuk posttest thitung sebesar (7,565) > ttabel (1,687) maka Ho ditolak dan Ha diterima dimana Ha berbunyi “Ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan MPK-BPKB dengan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional”. Maka dari itu penggunaan MPK-BPKB lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat difungsikan juga untuk masyarakat banyak dengan produk yang sesuai dengan program keahlian yang di emban.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MPK-BPKB, PKK, Motivasi, Pre-test, Post-test, dan T-tes
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Dec 2019 02:23
Last Modified: 27 Dec 2019 02:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67012

Actions (login required)

View Item View Item