Pengaruh Model Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Teks Nonfiksi dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V SD.

Sumayyah, Sumayyah and Harun, Harun (2019) Pengaruh Model Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Teks Nonfiksi dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V SD. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertjuan untuk mendeskripsikan : (1) pengaruh model Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis; (2) pengaruh model Picture and Picture terhadap keaktifan belajar siswa; (3) pengaruh model Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis dan keaktifan belajar siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest- posttest non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan satu kelas kontrol dan dua kelas eksperimen. populasi pada penelitian ini adalah selurus siswa kelas V di SD Perumnas Condong Catur. Sampel penelitian ini sejumlah 52 siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa tes uraian keterampilan menulis, skala keaktifan belajar siswa dan lembar observasi keaktifan belajar siswa. Uji normalitas data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Box's M Test. Data dianalisis menggunakan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dengan uji Independent sample T test dan uji Hotelling Trace. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan model Picture and Picture terhadap keterampilan menulis dengan taraf signifikansi 0,001 < 0,05; (2) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan model Picture and Picture terhadap keaktifan belajar siswa dengan taraf signifikansi 0,941 > 0,05; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan model Picture and Picture terhadap keterampilan menulis dan keaktifan belajar siswa kelas V SD dengan nilai Sig. 0,003 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model picture and picture, keterampilan menulis, keaktifan belajar siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Nov 2019 03:16
Last Modified: 15 Nov 2019 03:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66685

Actions (login required)

View Item View Item