Irawati, Eka and Sartono, Emmanuel Kus Eddy (2019) Pengaruh Lift The Flap Story Book Berbasis Ramah Anak Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Actualization Siswa Kelas IV SD Se-Kecamatan Pleret Bantul. S2 thesis, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (987kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (857kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (616kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan lift the flap story book berbasis ramah anak terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD se-kecamatan Pleret Bantul; (2) pengaruh penggunaan lift the flap story book berbasis ramah anak terhadap self actualization siswa kelas IV SD se-kecamatan Pleret Bantul; (3) perbedaan pengaruh penggunaan lift the flap story book berbasis ramah anak terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self actualization siswa kelas IV SD se-kecamatan Pleret Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Comparison-Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster sampling dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan kelas yang sudah ada sejak semula, sehingga diperoleh SDN Pungkuran dengan jumlah siswa kelas IV sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan lift the flap story book berbasis ramah anak, SDN Putren dengan jumlah siswa kelas IV sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan buku tematik terpadu Erlangga, dan SDN Kanggotan dengan jumlah siswa kelas IV sebanyak 28 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan buku siswa kurikulum 2013. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif dan skala self actualization. Validasi yang digunakan berupa validasi konstruk yang didapat melalui expert judgment dan validasi empirik yang didapat melalui uji validasi menggunakan bivariate correlation. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired samples t-test, uji Multivariate Analysis of Variance, uji tukey, gain dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lift the flap story book berbasis ramah anak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif, dengan melihat hasil nilai Sig (2-tailed) yang berfungsi untuk menunjukkan hasil uji beda antara skor pretest dengan posttest, 0.000 < 0.005; (1) lift the flap story book berbasis ramah anak berpengaruh terhadap self actualization, dengan nilai Sig (2-tailed) 0.000 < 0.005; (3) terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan lift the flap story book berbasis ramah anak, buku tematik terpadu Erlangga, buku siswa kurikulum 2013 terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self actualization, dengan nilai Sig. 0.000 < 0.005. Simpulan yang dihasilkan adalah lift the flap story book berbasis ramah anak lebih berpengaruh terhadap peningkatan rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif dan self actualization siswa kelas IV.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lift the flap story book berbasis ramah anak, kemampuan berpikir kreatif, self actualization |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 02:01 |
Last Modified: | 13 Nov 2019 02:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66631 |
Actions (login required)
View Item |