Pengembangan Media Wayang Karakter sebagai Pendukung Metode Bercerita dalam Upaya Mengembangkan Moral Anak Usia Dini

Purnomosidi, Aziz and Budiningsih, C. Sriatun (2019) Pengembangan Media Wayang Karakter sebagai Pendukung Metode Bercerita dalam Upaya Mengembangkan Moral Anak Usia Dini. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan media wayang karakter yang layak untuk digunakan sebagai media pendukung metode bercerita dalam upaya mengembangkan moral anak usia dini, (2) mengetahui efektivitas media wayang karakter sebagai media pendukung metode bercerita dalam upaya mengembangkan moral anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan media ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pada tahap pengembangan, media ini melalui dua pengujian, yaitu uji coba ahli dan uji coba lapangan. Uji coba ahli yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, dengan mengisi skala penilaian. Kemudian, uji coba lapangan terdiri atas uji coba lapangan awal, utama, dan operasional kepada anak dengan pengumpulan data berupa pretest, posttest, dan pengisian lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data yang didapatkan kemudian dihitung dan dikonversi ke dalam bentuk deskripsi kualitas dan efektivitas media dalam pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah (1) media wayang karakter yang dikembangkan memiliki kriteria kualitas “layak” digunakan sebagai media pendukung metode bercerita berdasarkan hasil penilaian ahli materi dalam kategori sangat layak dengan skor rata-rata 3.54; ahli media dalam kategori layak dengan skor rata-rata 3.18; dan guru taman kanak-kanak, media termasuk dalam kategori sangat layak untuk materi, dan layak untuk aspek media dengan skor rata-rata 3.28 dan 3.22. (2) media wayang karakter yang digunakan sebagai pendukung metode bercerita termasuk dalam kategori efektif berdasarkan perhitungan hasil belajar menunjukkan peningkatan untuk moral cinta tanah air dan saling menghormati sebesar 25.01% dan 87.5% dengan N-Gain Score 0.53 dan 0.63 termasuk dalam klasifikasi sedang.dan keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan aktivitas yang diamati dari anak mengalami peningkatan sebesar 25% dan keterlaksanaan oleh guru memiliki presentase rata-rata sebesar 81.5%. Kata kunci: Bercerita, Media, Moral, Wayang Karakter.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Nov 2019 03:27
Last Modified: 11 Nov 2019 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66593

Actions (login required)

View Item View Item