Muhlis, Muhammad (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR PADA SISWA KELAS X DI SMK NASIONAL BERBAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
3. Bab 1.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB 2.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB 3.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
6. Bab 4 .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB 5.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan aplikasi berbasis Android untuk mata pelajaran Pemrograman Dasar. Kompetensi dasar yang dipakai adalah percabangan dan perulangan pada siswa kelas X SMK Nasional Berbah. Mengetahui kelayakan media tersebut berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran. Mengetahui bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang dihasilkan. Penelitian ini adalah jenis Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang diadaptasi dengan konsep ADDIE (Analyze, Designs, Development, Implementation, and Evaluation). Media pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan software app inventor. Uji kelayakan media pembelajaran dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran dan diujicobakan kepada 21 siswa kelas X TKJ A SMK Nasional Berbah. Hasil pertama dari penelitian ini adalah produk media pembelajaran interaktif mata pelajaran Pemrograman berbasis Android. Kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli media diperoleh skor rerata 14.08 sehingga termasuk dalam kategori sangat baik. Bila dikalkulasikan menjadi persentase adalah 88,02% sehingga termasuk kategori sangat layak. 2) Ahli materi diperoleh skor rerata 16,65 sehingga termasuk dalam kategori sangat baik. Bila dikalkulasikan menjadi persentase adalah 83,26% sehingga termasuk kategori sangat layak. 3) Ahli pembelajaran diperoleh skor rerata 26,65 sehingga termasuk dalam kategori sangat baik. Bila dikalkulasikan menjadi persentase adalah 95,17% sehingga termasuk kategori sangat layak. Respon siswa terhadap media pembelajaran rata-rata menunjukkan respon positif dengan persentase total 92,38%. Dengan demikian media pembelajaran interaktif mata pembelajaran Pemrograman Dasar layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Interaktif, ADDIE, Android |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 02:08 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 02:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66461 |
Actions (login required)
View Item |