Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Tari Dadali Campeurnik untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMKN 1 Pengasih Kulonprogo.

Mahmudah, Sitti Rifa'atul and Sumaryadi, Sumaryadi (2019) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Tari Dadali Campeurnik untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMKN 1 Pengasih Kulonprogo. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan multimedia interaktif tari Dadali Campeurnik dalam mata pelajaran seni budaya di sekolah tingkat SMA/MA/SMK sederajat, dan (2) meningkatkan motivasi belajar siswa melalui multimedia pembelajaran interaktif yang diberikan kepada siswa SMA/MA/SMK sederajat. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan tahapan meliputi : (1) tahap analisis (Analysis), (2) tahap rancangan (Design), (3) tahap pengembangan (Developmen), (4) tahap implementasi (Implementation), dan (5) tahap evaluasi (Evalutions). Penilaian uji kelayakan produk dilakukan oleh satu orang ahli media dan satu orang ahli materi. Tempat penelitian adalah di SMKN 1 Pengasih Kulonprogo. Dengan melibatkan 32 siswa kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif deskriptif, kualitatif uji T. Hasil penelitian ini berupa multimedia pembelajaran interaktif CD tari, materi tari nusantara yaitu tari Dadali Campeurnik pada mata pelajaran seni budaya. Produk yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli media 92% dan ahli materi dengan skor 76,2% dengan interpretasi “layak”. Hasil uji T menunjukkan ada perbedaan signifikan pada motivasi belajar siswa antara perlakuan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansinya >0,05 yaitu hasilnya 0,12. Sedangkan nilai motivasi menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada siswa saat tidak menggunakan media pembelajaran interaktif dan saat menggunakan media pembelajaran interaktif, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikannya >0.05 yaitu 0,68. Data tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan efektif untuk meningkatlan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia, pembelajaran interaktif, tari Dadali Campeurnik, tari nusantara.
Subjects: Seni dan Budaya > Arts in general
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:11
Last Modified: 25 Oct 2019 04:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66377

Actions (login required)

View Item View Item