Haryanto, Putri Chandra and Arty, Indyah Sulistyo (2019) Pengembangan Video animasi IPA Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) Dan Self Efficacy Peserta Didik SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui kelayakan video animasi berbasis CTL untuk meningkatkan HOTS dan self efficacy menurut dosen ahli dan guru IPA, 2) mengetahui keefektifan video animasi berbasis CTL untuk meningkatkan HOTS dan self efficacy peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) oleh Thiagarajan. Tahap Define dilakukan dengan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan merumuskan tujuan pembelajaran. Tahap Design dilakukan dengan penyusunan instrumen, pemilihan media, pemilihan format, dan perancangan produk awal. nstrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, lembar validasi produk untuk ahli materi dan ahli media; lembar angket kepraktisan produk untuk guru IPA; lembar angket keterbacaan produk untuk peserta didik; lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan CTL; lembar observasi self efficacy; lembar pretest dan posttest HOTS; serta lembar angket self efficacy. Tahap Develop dilakukan dengan peninjauan oleh dosen pembimbing, penilaian oleh dosen ahli dan guru IPA, serta uji coba produk pada 30 anak di kelas VIII B SMP N 2 Jetis Bantul. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis kualitatif dan kuantitatif. Tahap Disseminate dilakukan secara terbatas, yaitu pada guru di SMP N 2 Jetis Bantul. Hasil penelitian ini yaitu, 1) Video animasi IPA berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) dan self efficacy peserta didik SMP berdasarkan penilaian dosen ahli materi dan dosen ahli media. 2) Video animasi IPA berbasis Contextual Teaching and Learning CTL) efektif dalam meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) dan self efficacy peserta didik berdsasarkan uji empiris pada peserta didik kelas VIII SMP. Kata kunci: Video Animasi IPA, CTL, HOTS, self efficacy.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 02:41 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 02:41 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66366 |
Actions (login required)
View Item |