Pengaruh Program Adiwiyata dan Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Kewarganegaraan Ekologis Siswa di Sekolah Binaan SMA Negeri 17 Palembang

Wulandari, Dwi Anggi and Marzuki, Marzuki (2019) Pengaruh Program Adiwiyata dan Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Kewarganegaraan Ekologis Siswa di Sekolah Binaan SMA Negeri 17 Palembang. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh: (1) Program Adiwiyata, (2) budaya sekolah, dan (3) Program Adiwiyata dan budaya sekolah terhadap pembentukan karakter kewarganegaraan ekologis siswa di sekolah binaan SMA Negeri 17 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Penelitian ini dilakukan di sekolah binaan SMA Negeri 17 Palembang pada bulan Maret 2019 – Juni 2019. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa di sekolah binaan SMA Negeri 17 Palembang. Sampelnya sejumlah 329 siswa ditentukan dengan teknik random sampling dan purposive sampling. Validasi angket dilakukan melalui penilaian ahli yang relevan. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang pelaksanaan Program Adiwiyata di sekolah, budaya yang diterapkan di sekolah, dan pembentukan karakter kewarganegaraan ekologis siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan analisis regresi ganda untuk mengetahui pengaruh bersama variabel bebas terhadap variabel terikat, dan dilakukan uji T untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara program adiwiyata terhadap pembentukan karakter kewarganegaraan ekologis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < taraf signifikansi 0,05 sehingga dapat dikatakan sangat signifikan dan memberikan sumbangan efektif yakni sebesar 17,5%. Artinya jika program adiwiyata semakin baik maka pembentukan karakter kewarganegaraan ekologis siswa juga akan semakin baik. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara budaya sekolah terhadap pembentukan karakter kewarganegaraan ekologis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < taraf signifikansi 0,05 sehingga dapat dikatakan sangat signifikan dan memberikan sumbangan efektif yakni sebesar 25%. Artinya jika budaya sekolah semakin baik maka pembentukan karakter kewarganegaraan ekologis siswa juga akan semakin baik. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara program adiwiyata, dan budaya sekolah terhadap pembentukan karakter kewarganegaraan ekologis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < taraf signifikansi 0,05 sehingga dapat dikatakan sangat signifikan. Kata Kunci: adiwiyata, budaya sekolah, kewarganegaraan ekologis

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Oct 2019 03:21
Last Modified: 22 Oct 2019 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66263

Actions (login required)

View Item View Item