Peran Orang tua Dalam Pendidikan Anak Gifted Pada Komunitas Parents Support Group for Gifted Children Jogja

Taslim, Patricia Lestari and Hermanto, Hermanto (2019) Peran Orang tua Dalam Pendidikan Anak Gifted Pada Komunitas Parents Support Group for Gifted Children Jogja. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pendidikan anak gifted. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan melibatkan delapan partisipan yang tergabung dalam komunitas Parents Support Group for Gifted Children Jogja. Peneliti sebagai instrumen kunci menyiapkan kisi-kisi sebagai panduan wawancara yang divalidasi oleh 2 orang validator. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, studi dokumen, dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data, triangulasi sumber, triangulasi waktu, triangulasi metode, dan triangulasi hasil. Analisa data mengunakan model Miles-Huberman-Saldana yang mencakup empat langkah yaitu pengumpulan data, kondensasi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian dapat dijabarkan antara lain bahwa peran orang tua dalam pendidikan anak gifted, adalah : (1) mencari informasi dan mengenali karakter anak gifted sehingga dapat melakukan identifikasi bagi kebutuhan pendidikan yang sesuai,, (2) membantu memilih dan mencari lembaga pendidikan yang sesuai bagi anak gifted, (3) mendampingi anak dalam menghadapi masalah inter-personal terkait karakter perfeksionisme dan faalangst pada anak gifted dalam proses pendidikan, (4) mendampingi anak menghadapi masalah intra-personal anak gifted dalam pendidikan, dan (5) menemukan potensi yang dimiliki untuk proses pendampingan dalam pendidikan anak gifted yang lebih baik. Kata kunci: anak gifted, pendidikan, peran orang tua

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Oct 2019 08:09
Last Modified: 14 Oct 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66135

Actions (login required)

View Item View Item