KEPUASAN LAYANAN AKADEMIK, PEMBELAJARAN, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHDAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGAYAKARTA

Sari, Allamanda Maytri Eka (2019) KEPUASAN LAYANAN AKADEMIK, PEMBELAJARAN, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHDAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGAYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kualitas layanan akademik, pembelajaran, motivasi belajar, dan hasil belajar; (2) layanan akademik, pembelajaran, dan motivasi belajar secara sendiri-sendiri berpengaruh terhadap hasil belajar; (3) layanan akademik, pembelajaran, dan motivasi belajar secara sendibersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa tahun pertama Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah ex post facto. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro ankatan 2018 sebanyak 120 orang. Data dikumpulkan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian diketahui sebagai berikut: (1) kepuasan pelayanan akademik termasuk dalam kategori cukup puas, ditunjukkan dengan nilai rata-rata 91,86, dari nilai maksimal ideal 125; (2) kepuasan penyelenggaraan pembelajaran termasuk dalam kategori sangat puas, ditunjukkan dengan nilai rata-rata 110,28, dari nilai maksimal ideal 140; (3) motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori cukup puas, ditunjukkan dengan nilai rata-rata 55,35, dari nilai maksimal ideal 70; (4) hasil belajar siswa termasuk dalam kategori cukup puas, ditunjukkan dengan nilai rata-rata 55,35, dari nilai maksimal ideal 70; (5) pelayanan akademik mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Persamaan regresi hasil analisisya adalah Y = 18,929 + 0,376X1; (6) pembelajaran mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Persamaan regresi hasil analisisnya adalah Y = 15,788 + 0,729X2; (7) motivasi belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Persamaan regresi hasil analisisnya adalah Y = 26,658 + 0,462X3; (8) pelayanan akademik, pembelajaran, dan motivasi belajar secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Persamaan regresi hasil analisis regresi linier berganda adalah Y = -5,302 + 0,166X1 + 0,608X2 + 0,209X3. Semakin baik pelayanan akademik, pembelajaran, dan motivasi belajar, maka hasil belajar juga akan semakin baik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 35,144 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 2,68 dan memiliki nilai kontribusi (R2) sebesar 47,6%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, pelayanan akademik, pembelajaran, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 14 Oct 2019 07:45
Last Modified: 14 Oct 2019 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66131

Actions (login required)

View Item View Item