PENGARUH KOMPETENSI SISWA DAN PERAN SERTA BKK TERHADAP MOTIVASI UNTUK BEKERJA DI BIDANG OTOMOTIF SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK se-KABUPATEN BANTUL

Afifi, Muhammad (2019) PENGARUH KOMPETENSI SISWA DAN PERAN SERTA BKK TERHADAP MOTIVASI UNTUK BEKERJA DI BIDANG OTOMOTIF SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK se-KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kompetensi siswa terhadap motivasi untuk bekerja di bidang otomotif siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK se-Kabupaten Bantul, dan (2) pengaruh peran serta BKK terhadap motivasi untuk bekerja di bidang otomotif siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif komparatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK se-Kabupaten Bantul Jurusan Teknik Kendaraan Ringan sebanyak 122 siswa yang meliputi SMK Muhammadiyah 1 Imogiri, SMK Muhammadiyah Bambanglipuro, SMKN Sedayu dan SMK Ma’arif Piyungan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan menggunakan tabel Krecjie dan Morgan pada taraf signifikan 5%. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI SMK se-Kabupaten Bantul Jurusan Teknik Kendaraan Ringan sebanyak 92 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji Independent t Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan kompetensi tinggi mempunyai motivasi untuk bekerja di bidang otomotif lebih tinggi dari pada siswa yang mempunyai kompetensi rendah yang ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (6,209>1,973), nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Hasil temuan tersebut menunjukkan jika ada pengaruh kompetensi siswa terhadap motivasi untuk bekerja di bidang otomotif siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK se-Kabupaten Bantul; dan (2) Sekolah yang peran serta BKKnya aktif mempunyai siswa dengan motivasi untuk bekerja di bidang otomotif lebih tinggi dari pada siswa yang peran serta BKKnya kurang aktif yang ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (6,510>1,973), nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,006<0,05). Hasil temuan tersebut menunjukkan jika ada pengaruh peran serta BKK terhadap motivasi untuk bekerja di bidang otomotif siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK se- Kabupaten Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kompetensi siswa, peran serta BKK, dan motivasi untuk bekerja di bidang otomotif
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:25
Last Modified: 17 Sep 2019 02:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65883

Actions (login required)

View Item View Item