Annisa, Aulia and Sutapa, Panggung (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Natural Messy Play untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 4-5 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (17MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis karakteristik model pembelajaran Natural Messy Play dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 4-5 tahun; (2) Menghasilkan sebuah model pembelajaran Natural Messy Play yang layak untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 4-5 tahun; dan (3) menguji keefektifan dari model pembelajaran Natural Messy Play dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usai 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis research and development yang mengacu pada 10 langkah model penelitian pengembangan Borg & Gall. Uji kelayakan produk dilakukan oleh 2 validator yakni ahli materi dan ahli media pembelajaran. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun se-Kabupaten Sleman yang terdiri dari 10 subjek uji coba lapangan awal/terbatas, 35 subjek uji coba lapangan utama/diperluas, dan 75 subjek uji coba lapangan operasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket dengan desain equivalent time series design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara studi pendahuluan, pedoman observasi studi pendahuluan, angket validasi ahli, angket respon guru, pedoman observasi respon anak, dan pedoman observasi kecerdasan kinestetik. Kelayakan dari model pembelajaran Natural Messy Play dianalisis dengan mengkonversikan skor kedalam 5 kategori kuantitatif. Keefektifitasan model pembelajaran Natural Messy Play dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial dengan melakukan uji Kruskal Wallis dengan taraf signifikansi 0,05. Penelitian pengembangan ini memperoleh hasil berupa: (1) model pembelajaran Natural Messy Play dinyatakan sebagai sebuah model pembelajaran berdasarkan karakteristik sintaks, sosial system, support system, dan peran guru; (2) model pembelajaran Natural Messy Play dinyatakan layak digunakan berdasarkan kriteria kelayakan oleh ahli materi, ahli media, respon guru, dan respon anak dengan kategori sangat baik; (3) model pembelajaran Natural Messy Play dinyatakan efektif digunakan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 4-5 tahun se-Kabupaten Sleman berdasarkan analisis Hasil uji statistik Kruskal Wallis (taraf sig. < 0,05) yang memperoleh nilai sig. 0,00. Kata Kunci: model pembelajaran, Natural Messy Play, kecerdasan kinestetik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 27 Aug 2019 08:29 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 01:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65541 |
Actions (login required)
View Item |