EVALUASI PEMBELAJARAN SISTEM BLOK PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 1 MAGELANG

Nugroho, Yudhistira Rifqi (2019) EVALUASI PEMBELAJARAN SISTEM BLOK PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 1 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul Sd Daftar Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran pembelajaran sistem blok. (2) pola pembelajaran sistem blok dan (3) Prestasi belajar siswa menggunakan sistem blok pada kompetensi keahlian TITL SMKN 1 Magelang. Penelitian menggunakan model evaluasi discrepancy (kesenjangan). Obyek evaluasi ini adalah pelaksanaan sistem blok di kompetensi keahlian TITL SMKN 1 Magelang. Responden terdiri dari siswa kompetensi keahlian TITL. ,Ketua Kompetensi Keahlian TITL, Guru produktif, dan dokumen-dokumen mengenai pelaksanaan sistem blok di SMKN 1 Magelang. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk observasi dan angket menggunakan kecenderungan data, adapun untuk wawancara dan dokumentasi menggunakan model Miles & Hubberman. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pembelajaran sistem blok di kompetensi keahlian TITL, yakni: (1) Peran pembelajaran sistem blok ditinjau dari aspek pendidik tenaga pendidik dan sarana prasarana sudah terlaksana dengan baik menunjukkan kategori sangat baik (50%) dan Baik (50%); (2) Pola pembelajaran sistem blok ditinjau dari proses pembelajaran terbagi menjadi 3 proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian, ketiganya sudah terlaksana dengan sangat baik (50%) . (3) Prestasi belajar siswa ditinjau dari aspek penilaian menyatakan bahwa nilai praktik siswa berada pada range 80-100 dan tingkat kehadiran 100% ketika kegiatan pembelajaran berjumlah 75 orang dari total jumlah responden.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: evaluasi discrepancy, sistem blok, jurusan TITL
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Jun 2019 07:33
Last Modified: 18 Jun 2019 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64304

Actions (login required)

View Item View Item