PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI TWEENING DI SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

Depiantiwi, Yusi Safitri (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI TWEENING DI SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. JUDUL COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRAK.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuat media pembelajaran yang dapat mengatasi problem pembelajaran materi tweening berupa video dan evaluasi di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. (2) menguji kualitas media pembelajaran interaktif pada materi tweening dengan melakukan pengujian alfa dan beta. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) sebagai metode penelitian dengan model pengembangan Allesi & Trolip. Tahapan dalam proses penelitian ini adalah Planning, Desain, dan Development. Pengujian yang dilakukan yaitu uji alpha dan uji beta. Pengujian alfa dilakukan oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media serta pengujian beta dilakukan oleh siswa kelas XI Multimedia SMK Muhhamdiyah 1 Yogyakarta yang berjumlah 29 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) media pembelajaran berupa video dan evaluasi yang dapat membantu dan memudahkan proses pembelajaran siswa kelas XI multimedia untuk materi tweening di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. (2) Hasil uji alfa yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi dikategorikan sangat layak dengan presentase kelayakan 86,3% dan 83,6% dan uji beta dilakukan oleh siswa kelas XI Multimedia di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta dikategorika layak dengan presentase kelayakan 77,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, materi tweening, research and development
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 May 2019 03:58
Last Modified: 16 May 2019 03:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63840

Actions (login required)

View Item View Item