PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPS DENGAN TEMA HIRUK PIKUK MALIOBORO UNTUK SISWA SMPN 3 KARANGANYAR KELAS VII

Prasetyo Prihantoro, Dwi (2014) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPS DENGAN TEMA HIRUK PIKUK MALIOBORO UNTUK SISWA SMPN 3 KARANGANYAR KELAS VII. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Ringkasan Skripsi.pdf

Download (537kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prosedur pengembangan video pembelajaran IPS tema “Hiruk Pikuk Malioboro” dengan menggunakan bantuan komputer; 2) menghasilkan video pembelajaran yang layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran berdasarkan validasi dari ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran IPS, dan uji coba terhadap siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian R & D (Research and Development) yang berorientasi pada produk. Prosedur pengembangan dilakukan dari tahap analisis kebutuhan, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, tahap validasi dan ujicoba. Validasi media dilakukan secara bertahap yaitu tahap I oleh ahli materi dan ahli media, sehingga menghasilkan revisi pengembangan tahap pertama. Tahap II oleh dua guru mata pelajaran IPS SMP, sehingga menghasilkan revisi tahap kedua, dan tahap III uji coba terhadap 32 siswa kelas VII C SMP N 3 Karanganyar yang menghasilkan produk akhir berupa video pembelajaran dengan tema “Hiruk Pikuk Malioboro”. Alat pengambilan data berupa angket penilaian yang berbeda untuk masing-masing subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) prosedur pengembangan video pembelajaran dilakukan dengan 6 langkah, yaitu analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk, revisi produk, ujicoba produk, dan perbaikan akhir; 2) hasil pengembangan berupa video pembelajaran IPS dengan tema “Hiruk Pikuk Malioboro” untuk siswa SMPN 3 Karanganyar kelas VII layak digunakan dalam pembelajaran. Terbukti ahli materi menilai baik dengan rerata skor 3,9; ahli media menilai cukup dengan rerata skor 2,9; guru mata pelajaran IPS menilai sangat baik dengan rerata skor 4,3; siswa kelas VII C SMP N 3 Karanganyar menilai sangat baik dengan rerata skor 4,4. Kata kunci: Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jul 2015 06:09
Last Modified: 30 Jan 2019 01:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23855

Actions (login required)

View Item View Item