Luthfani, Afifah (2014) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN BIMBINGAN ORANG TUA SEBAGAI FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS (STUDI KASUS PADA SISWA YANG BELAJAR IPS DAN AKTIF KE PERPUSTAKAAN DI SMP NEGERI 2 MERTOYUDAN). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
1.ABSTRACT.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
2.JURNAL SKRIPSI.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
3.RINGKASAN.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
4.HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran1 Angket Observasi I.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran2 Tabulasi Angket Observasi I.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran3 Angket Observasi II.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran4 Tabulasi Hasil Angket Observasi II.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran5 Angket Instrumen Penelitian dengan Kisi-Kisi.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran6 Daftar Responden Penelitian.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran7 Angket Instrumen Penelitian.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran8 Tabulasi Data Hasil Penelitian.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran9 Statistik Deskriptif.pdf Download (420kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan dan bimbingan orang sebagai faktor yang berpengaruh terhadap motivasi siswa yang belajar IPS dan aktif ke perpustakaan SMP Negeri 2 Mertoyudan. Penelitian ini merupakan Penelitian Studi Kasus dengan populasi seluruh siswa SMP Negeri 2 Mertoyudan yang belajar IPS dan aktif ke perpustakaan yang berjumlah 21 orang. Pengambilan responden dilakukan dengan menentukan kriteria sehingga diperoleh 21 siswa yang belajar IPS dan aktif ke perpustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan dengan teknik expert judgment (pakar keilmuan). Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) siswa yang datang ke perpustakaan dengan intensitas kunjungan 4-6 kali dalam seminggu hanya sebanyak 9,8%, b) siswa yang belajar IPS di perpustakaan hanya 6,2% 23 siswa dari 393 siswa, c) rata-rata siswa berkunjung ke perpustakaan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu yaitu sebesar 62%, d) siswa yang tidak pernah berkunjung ke perpustakaan sebanyak 69 siswa atau sebesar 17,6% dari 393 siswa, e) sebanyak 45% (170 siswa) dari 393 siswa didampingi saat belajar IPS, f) sebanyak 39% (148 siswa) dari 393 siswa difasilitasi dalam belajar IPS, g) pemanfaatan perpustakaan memilki pengaruh sebesar 49% terhadap motivasi belajar IPS pada 21 siswa, h) bimbingan orang tua memiliki pengaruh sebesar 51% terhadap motivasi belajar IPS pada 21 siswa. Kata Kunci: Pemanfaatan Perpustakaan, Bimbingan Orang Tua, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 27 Jul 2015 03:56 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23848 |
Actions (login required)
View Item |