PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB BERBANTUAN ADOBE DREAMWEAVER MATERI KERAGAMAN BUDAYA SEBAGAI HASIL INTERAKSI MANUSIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SMP KELAS VII

Jayanti, Feri Dwi (2014) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB BERBANTUAN ADOBE DREAMWEAVER MATERI KERAGAMAN BUDAYA SEBAGAI HASIL INTERAKSI MANUSIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SMP KELAS VII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1. Hal Awal 10416241022.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak 10416241022.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I 10416241022.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II 10416241022.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III 10416241022.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV 10416241022.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V 10416241022.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Lampiran 10416241022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-learning berbasis web sebagai sumber belajar IPS SMP dengan materi keragaman budaya sebagai hasil interaksi manusia. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan media e-learning sebagai sumber belajar IPS berdasarkan validasi oleh ahli materi, ahli media, dan tanggapan siswa terhadap e-learning berbasis web sebagai sumber belajar IPS Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan beberapa tahap meliputi tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan, serta tahap validasi media dan uji pemakaian media. Teknik pengumpulan data dengan angket diperoleh hasil validasi media oleh satu orang ahli materi, hasil validasi media oleh satu orang ahli media, hasil uji coba pemakaian terbatas oleh 5 orang siswa dan hasil uji pemakaian lapangan oleh 32 siswa SMP kelas VII. Data mengenai validasi ahli dan tanggapan siswa dengan bentuk skala likert untuk menentukan kategori kelayakan e-learning IPS. E-learning IPS dianggap layak untuk digunakan apabila validasi media oleh ahli materi, ahli media, dan uji pemakaian media oleh siswa memperoleh kategori rerata skor minimum “baik”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-learning IPS melalui 4 tahap, yaitu tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan, serta tahap validasi media dan uji coba pemakaian media, sehingga dihasilkan produk berupa e-learning IPS. Kualitas e-learning IPS dilihat dari validasi ahli materi memperoleh rerata skor sebesar 4,2 dengan kategori baik; hasil validasi media oleh ahli media memperoleh rerata skor sebesar 4,2 dengan kategori baik; uji pemakaian terbatas oleh 5 siswa memperoleh rerata skor sebesar 4,0 dengan kategori baik; uji penggunaan media oleh siswa memiliki rerata skor terendah sebesar 3,6 dan rerata skor tertinggi 4,3 serta memiliki rerata skor kelas sebesar 4,22 dengan kategori sangat baik. Dari hasil rerata skor yang diperoleh terlihat bahwa e-learning layak digunakan sebagai sumber belajar IPS dengan kualitas yang baik. Kata kunci: e-learning, sumber belajar, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 20 May 2015 01:06
Last Modified: 20 May 2015 01:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18879

Actions (login required)

View Item View Item