Mahandra, Anggi Titis (2014) PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFAATAN FASILITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 PAKEM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
Halaman Depan. 09416241035.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak. 09416241035.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I 09416241035.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II. 09416241035.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III. 09416241035.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV. 09416241035.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V. 09416241035.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran. 09416241035.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas terhadap pemanfaatan fasilitas perpustakaan sekolah dalam pembelajaran IPS. Pemanfaatan fasilitas perpustakaan sekolah dalam hal ini meliputi perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar IPS, tempat kegiatan ilmiah (penelitian) IPS, dan sarana melatih kemandirian belajar IPS. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 95 siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini melalui uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach’s Alpha. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Pakem memiliki persepsi yang positif, artinya siswa merespon pemanfaatan fasilitas perpustakaan sekolah dalam pembelajaran IPS dengan penilaian yang baik. Dibuktikan dengan perolehan nilai secara keseluruhan sebesar 86,32% pada kategori sangat tinggi dan sebesar 13,68% pada kategori tinggi, sedangkan kategori sedang, rendah dan sangat rendah 0%. Uraian data persepsi siswa terhadap pemanfaatan fasilitas perpustakaan sekolah dalam pembelajaran IPS terbagi menjadi 3 indikator, yaitu: Pertama, sumber belajar IPS pada kategori sangat tinggi sebesar 43,36%, kategori tinggi sebesar 52,41%, dan kategori sedang sebesar 4,23%. Kedua, tempat kegiatan ilmiah (penelitian) IPS pada kategori sangat tinggi sebesar 50,52%, kategori tinggi sebesar 46,32%, dan kategori sedang sebesar 3,16%. Ketiga, sarana melatih kemandirian belajar IPS pada kategori sangat tinggi sebesar 32,63%, kategori tinggi sebesar 57,89%, dan kategori sedang sebesar 9,47%. Kata kunci: Persepsi, Perpustakaan Sekolah, Pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 07 May 2015 02:56 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18312 |
Actions (login required)
View Item |