EFEKTIVITAS METODE GROUP RESUME DAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KEMAMPUAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 KLATEN

Maghfiroh, Amirotul (2014) EFEKTIVITAS METODE GROUP RESUME DAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KEMAMPUAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan 10405241011.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 10405241011.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 10405241011.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 10405241011.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 10405241011.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4 10405241011.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 10405241011.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 10405241011.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan antara kerja sama dan hasil belajar siswa yang menggunakan metode group resume dibandingkan dengan yang menggunakan metode giving question and getting answer pada pembelajaran IPS, 2) Keefektifan metode group resume dan giving question and getting answer terhadap kerja sama siswa dan hasil belajar pada pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain prestest-posttest randomized group design. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Klaten. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Instrumen angket dan tes divalidasi dengan expert judgement dan realibilitas angket dan tes dihitung dengan metode belah dua (Split Half Method). Normalitas data diuji dengan Kolmogorov Smirnov, sedangkan uji homogenitas menggunakan Test Homogeneity of Varians. Teknik analisis data menggunakan uji-t, dilanjutkan perhitungan ukuran efek (d). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan kerja sama siswa menggunakan metode group resume pada hasil uji-t nilai thitung= 2,652 > nilai ttabel= 2,005 pada taraf sig. 5%, dan hasil uji-t pada hasil belajar siswa yaitu nilai thitung= 2,385 > nilai ttabel= 2,005 pada taraf sig. 5%, dibandingkan menggunakan metode giving question and getting answer pada pembelajaran IPS. 2) Besar ukuran efek metode group resume terhadap kemampuan kerja sama siswa sebesar 1,288 (d>0,8)/efek besar. Besar ukuran efek metode group resume terhadap hasil belajar siswa sebesar 1,143 (d>0,8)/efek besar. Hal ini berarti, metode group resume memberikan efek besar terhadap kemampuan kerja sama dan hasil belajar siswa. Dengan demikian metode group resume efektif terhadap kemampuan kerja sama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Klaten. Kata kunci : Group Resume, Kerja Sama dan Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 07 May 2015 02:34
Last Modified: 29 Jan 2019 22:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18306

Actions (login required)

View Item View Item