Venti Widhiawatie , Kusumaningtyas (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII C SMP N 2 NGAGLIK. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
1 - 08416241029.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 - 08416241029.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 - 08416241029.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 - 08416241029.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN - 08416241029.pdf Download (32MB) | Preview |
Abstract
Minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS khusunya di kelas VIII C SMP N 2 Ngaglik termasuk kategori rendah kurang dari 65%. Hal ini ditunjukkan Sebagian siswa lebih tertarik berbicara dengan temannya daripada memperhatikan guru. Untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS digunakan pembelajaran kooperatif teknik jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dapat meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII C SMP N 2 Ngaglik Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (action research). Variabel dalam penelitian ini yaitu pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan minat belajar. Subjek dalam penelitian ini siswa SMP N 2 Ngaglik kelas VIII C tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi, anecdotal record, catatan lapangan serta video. Adapun metode penelitian tindakan kelas ini ditempuh dengan tiga siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Penelitian tindakan kelas ini berlangsung dari Februari 2012 sampai dengan April 2012. Langkah-langkah yang diterapkan guru dalam pembelajaran teknik jigsaw adalah guru membagi kelas menjadi kelompok asal dan kelompok ahli. Hasil yang diperoleh melalui hasil angket serta hasil observasi. Hasil angket penelitian tindakan kelas pada siklus satu sebesar 64,7%, siklus dua sebesar 66,4% serta siklus tiga sebesar 67,6%. Hasil observasi penelitian tindakan kelas pada siklus satu sebesar 58,3%, siklus dua sebesar 75%, serta siklus tiga sebesar 83,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw utuh dikolaborasikan dengan presentasi secara acak, memberikan gambaran-gambaran permasalahan secara umum serta pemberian reward dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Kata kunci: pembelajaran kooperatif teknik jigsaw, minat belajar, IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kooperatif teknik jigsaw, minat belajar, IPS |
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 13 Dec 2012 04:32 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8859 |
Actions (login required)
View Item |