PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MATERI GEJALA ATMOSFER BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KALIKOTES KLATEN

SEPTIAN DWI , CAHYA (2012) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MATERI GEJALA ATMOSFER BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KALIKOTES KLATEN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 07105244002.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 07105244002.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 07105244002.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 07105244002.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 07105244002.pdf

Download (104MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran mata pelajaran IPS bagi kelas VII sebagai sumber belajar yang layak digunakan dalam kegiatan belajar baik secara individu maupun kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu: penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan dan produksi, validasi ahli, uji coba lapangan dan revisi. Setelah analisis kebutuhan diterjemahkan ke dalam desain kemudian dihasilkan produk awal untuk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu: uji coba lapangan terbatas (3 siswa), uji coba lapangan lebih luas (6 siswa), dan uji coba operasional (20 siswa). Subjek uji coba dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP N I Kalikotes Klaten. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi saat uji coba kemudian data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran untuk mata pelajaran IPS Geografi bagi siswa kelas VII SMP dengan materi “Gejala Atmosfer” sudah tervalidasi secara konsep dan empiris memenuhi kriteria. Segi pembelajaran diperoleh skor 4,21 (kriteria baik), segi isi diperoleh skor 4,24 (kriteria sangat baik), dan segi tampilan diperoleh skor 4,28 (kriteria sangat baik). Produk multimedia pembelajaran IPS ini memiliki fitur sebagai berikut: tampilan menggunakan gambar diam dan gerak, gambar (figur) dan background dibuat kontras, font menggunakan bentuk Calibri, konsistensi tombol navigasi, menggunakan aspek animasi. Dari hasil uji konseptual dan empiris yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran mata pelajaran IPS Untuk Kelas VII SMP dengan materi “Gejala Atmosfer” sudah layak digunakan oleh siswa SMP Kelas VII sebagai salah satu sumber belajar alternatif bagi siswa untuk mempermudah pemahaman materi . Kata kunci: multimedia pembelajaran, mata pelajaran IPS, siswa Kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, mata pelajaran IPS, siswa Kelas VII SMP.
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 03:16
Last Modified: 29 Jan 2019 17:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7884

Actions (login required)

View Item View Item