Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Peduli Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Murniayudi, Heti and Sujarwo, Sujarwo (2019) Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Peduli Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal yang layak untuk meningkatkan tanggung jawab dan peduli sosial siswa, (2) menguji keefektifan buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan tanggung jawab dan peduli sosial siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall yaitu: (1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) mengembangkan format atau model, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk I, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi produk II, (8) uji coba lapangan operasional, (9) revisi terakhir, (10) menyampaikan laporan penelitian/diseminasi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket berupa skala. Teknis analisis data menggunakan analisis deksriptif, uji t, dan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal yang dapat meningkatkan tanggung jawab dan peduli sosial siswa kelas IV berdasarkan hasil peningkatan rata-rata skor angket berupa skala serta lembar observasi siswa selama pembelajaran, buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi serta ujicoba di sekolah. Kelayakan dari aspek media memperoleh skor rata-rata sebesar 3,93 dengan kategori “Baik” dan aspek materi mendapatkan skor rata-rata sebesar 4,1 dengan kategori “Baik”, (2) Buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan tanggung jawab dan peduli sosial siswa. Hasil uji lapangan operasional menunjukkan taraf signifikansi 0,000<0,05 berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada tanggung jawab dan peduli sosial siswa kelas IV antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal, tanggung jawab, peduli sosial.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Jul 2020 04:29
Last Modified: 24 Jul 2020 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68609

Actions (login required)

View Item View Item