Peningkatan Keterampilan Bercerita dan Karakter Percaya Diri Melalui Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas V Al Jazari SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta.

Hastari, Titin and Hartono, Hartono (2019) Peningkatan Keterampilan Bercerita dan Karakter Percaya Diri Melalui Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas V Al Jazari SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) proses pembelajaran keterampilan bercerita dan karakter percaya diri (2) keterampilan bercerita dan karakter percaya diri melalui media gambar berseri pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas V Al Jazari SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta yang terdiri 11 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes unjuk kerja, skala, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, rubrik tes unjuk kerja, dan skala karakter percaya diri. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan bercerita dan karakter percaya diri siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata pada beberapa indikator. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan bercerita dari kondisi awal ke siklus I adalah kondisi awal 68 meningkat menjadi 72. Peningkatan karakter percaya diri berdasarkan hasil observasi saat bercerita meningkat dari kondisi awal 67 menjadi 71. Sedangkan peningkatan karakter percaya diri berdasarkan hasil skala meningkat dari kondisi awal 67 menjadi 70. Pada siklus II, keterampilan bercerita siswa meningkat dari 72 menjadi 79. Peningkatan karakter percaya diri berdasarkan observasi saat bercerita meningkat dari 71 menjadi 76. Sedangkan peningkatan karakter percaya diri berdasarkan hasil skala meningkat dari 70 menjadi 76. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil meningkatkan keterampilan bercerita dan karakter percaya diri siswa kelas V SD Muhammadiyah Sapen. Penerapan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan bercerita dan karakter percaya diri dapat tercapai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan bercerita, karakter percaya diri, media gambar berseri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Nov 2019 01:34
Last Modified: 18 Nov 2019 01:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66698

Actions (login required)

View Item View Item