Pengembangan Model Literasi Informasi Berbasis Kolaborasi Guru dan Pustakawan untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Eksplanasi pada Pembelajaran Tematik Integratif di SD Muhammadiyah Sapen.

Rachmawati, Rachmawati and Mustadi, Ali (2019) Pengembangan Model Literasi Informasi Berbasis Kolaborasi Guru dan Pustakawan untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Eksplanasi pada Pembelajaran Tematik Integratif di SD Muhammadiyah Sapen. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan menghasilkan model literasi informasi berbasis kolaborasi guru dan pustakawan yang layak untuk meningkatkan keterampilan menulis eksplanasi pada pembelajaran tematik integratif di SD Muhammadiyah Sapen dan mengetahui keefektifan model literasi informasi berbasis kolaborasi guru dan pustakawan untuk meningkatkan keterampilan menulis eksplanasi pada pembelajaran tematik integratif di SD Muhammadiyah Sapen. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini sejalan dengan langkah-langkah penelitian pengembangan menurut Borg & Gall. Borg & Gall (1993: 775) mengemukakan bahwa dalam melakukan penelitian pengembangan terdapat 10 langkah yang harus ditempuh, yaitu: 1. pengumpulan hasil riset dan informasi, 2. perencanaan, 3. mengembangkan produk awal, 4. uji coba awal, 5. revisi untuk menyusun produk utama, 6. uji coba lapangan utama, 7. revisi untuk menyusun produk operasional, 8. uji coba produk operasional, 9. revisi produk final, dan 10. diseminasi dan implementasi produk hasil pengembangan. Penelitian ini tidak melakukan seluruh tahapan Borg & Gall. Langkah-langkah tersebut diadaptasi menjadi sembilan rancangan prosedur penelitian pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan model yang dikembangkan layak dan efektif untuk diterapkan. Hal ini dibuktikan penilaian draft awal 54,56, dan 57 dengan batasan nilai skala tinggi adalah 48. Pada uji coba operasional dengan pretest dan postte nilai ketrampilan menulis eksplanasi mengalami kenaikan rata-rata sebesar 21,125 dari pretest 64,9375 menjadi posttest 86,0625 dengan standar korelasi keduanya sebesar 0,555 dan signifikasinya 0,001, setelah dipraktikannya model yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan model literasi informasi berbasis kolaborasi antara guru dan pustakawan effektif untuk meningkatkan keterampilan menulis eksplanasi pada pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar Muhammadiyah Sapen Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan menghasilkan menghasilkan model literasi informasi berbasis kolaborasi guru dan pustakawan yang layak untuk meningkatkan keterampilan menulis eksplanasi pada pembelajaran tematik integratif di SD Muhammadiyah Sapen dan mengetahui keefektifan model literasi informasi berbasis kolaborasi guru dan pustakawan untuk meningkatkan keterampilan menulis eksplanasi pada pembelajaran tematik integratif di SD Muhammadiyah Sapen. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini sejalan dengan langkah-langkah penelitian pengembangan menurut Borg & Gall. Borg & Gall (1993: 775) mengemukakan bahwa dalam melakukan penelitian pengembangan terdapat 10 langkah yang harus ditempuh, yaitu: 1. pengumpulan hasil riset dan informasi, 2. perencanaan, 3. mengembangkan produk awal, 4. uji coba awal, 5. revisi untuk menyusun produk utama, 6. uji coba lapangan utama, 7. revisi untuk menyusun produk operasional, 8. uji coba produk operasional, 9. revisi produk final, dan 10. diseminasi dan implementasi produk hasil pengembangan. Penelitian ini tidak melakukan seluruh tahapan Borg & Gall. Langkah-langkah tersebut diadaptasi menjadi sembilan rancangan prosedur penelitian pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan model yang dikembangkan layak dan efektif untuk diterapkan. Hal ini dibuktikan penilaian draft awal 54,56, dan 57 dengan batasan nilai skala tinggi adalah 48. Pada uji coba operasional dengan pretest dan postte nilai ketrampilan menulis eksplanasi mengalami kenaikan rata-rata sebesar 21,125 dari pretest 64,9375 menjadi posttest 86,0625 dengan standar korelasi keduanya sebesar 0,555 dan signifikasinya 0,001, setelah dipraktikannya model yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan model literasi informasi berbasis kolaborasi antara guru dan pustakawan effektif untuk meningkatkan keterampilan menulis eksplanasi pada pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar Muhammadiyah Sapen Yogyakarta.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Nov 2019 03:50
Last Modified: 14 Nov 2019 03:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66673

Actions (login required)

View Item View Item