Pengembangaan Perangkat Pembelajaran Matematika Untuk Kegiatan Belajar Di Luar Kelas Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta.

Hanafiah, Hanafiah and Marsigit, Marsigit (2019) Pengembangaan Perangkat Pembelajaran Matematika Untuk Kegiatan Belajar Di Luar Kelas Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika untuk kegiatan belajar di luar kelas yang disertakan langkah-langkah pemecahan masalah matematis yang valid adan efektif. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran matematika untuk kegiatan belajar di luar kelas untuk siswa SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta yang memfokuskan pada pokok bahasan keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Perangkat yang dikembangkan terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Pengembangan perangkat pembelajaran dimulai dari (a) Studi pendahuluan, (b) Desain produk, (c) Validasi, (d) Tahap uji coba produk dan revisi produk, (e) Produk akhir. Aspek kualitas produk pengembangan terdiri dari dua aspek yaitu valid dan efektif. Subyek uji coba penelitian terdiri atas 30 siswa kelas IV dan seorang guru SD Muhammadiyah Nitikan. Instrumen pada penelitian ini terdiri atas penilaian proses pembelajaran, penilain sikap spiritual, penelitian sikap sosial, penilaian pengetahuan (THB) dan angket penilaian siswa terhadap pelajaran diluar kelas. Hasil validasi yang terdiri atas RPP, LKS mencapai tingkat sangat valid sedangkan untuk THB mencapai kriteria valid. Keefektifan perangkat pembelajaran dinilai dari observasi pembelajaran dan aktivitas siswa dinilai efektif (seluruh aspek memenuhi waktu kriteria ideal), respon siswa memenuhi kriteria efektif (80% atau lebih siswa merespon positif) dan untuk hasil belajar siswa memenuhi kriteria efektif (80% memenuhi batas KKM).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembagan, perangkat pembelajaran, pembelajaran di luar kelas.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Nov 2019 07:20
Last Modified: 13 Nov 2019 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66651

Actions (login required)

View Item View Item